Minggu, 26 Oktober 2014

News / Internasional

Penyerang Lewat YouTube Dihukum Gantung

Minggu, 20 Januari 2013 | 23:31 WIB

TEHERAN, KOMPAS.com -- Radio pemerintah Iran mengemukakan, dua pria digantung di depan umum setelah mereka memuat (posting) video pada YouTube, yang memperlihatkan mereka merampok dan menyerang seorang pria dengan pisau di sebuah jalan di Teheran, ibukota Iran.

Eksekusi hukuman gantung ini berlangsung hari Minggu (20/1/2013) setelah pihak resmi melakukan penyelidikan cepat dan juga pengadilan kilat karena merebaknya kemarahan publik atas ulah kedua pria itu. Video aksi perampokan ini muncul di YouTube pada awal Desember dan kemudian diperlihatkan di televisi pemerintah.

Dua pria yang dihukum gantung ini masing-masing berusia 24 tahun dan mereka dikenakan tuduhan "menebarkan perang melawan Tuhan", sebuah tuduhan yang luas meliputi berbagai pelanggaran, termasuk melawan negara dengan menyebarkan kekerasan.

Kantor berita setengah resmi Iran, ISNA melaporkan, hukuman gantung didepan publik ini ditonton hampir 300 orang. ISNA menambahlan, dua rekan dari kedua pria yang dihukum gantung itu dikenakan hukuman 10 tahun penjara dan masing-masing mendapat hukuman cambuk sebanyak 74 kali.

 

 


Penulis: Pieter P Gero
Editor : Nasru Alam Aziz
Sumber: