Jumat, 19 September 2014

News / Konsultasi

Kecenderungan Biseksual

Jumat, 18 Januari 2013 | 09:53 WIB

 

 

TANYA :

Dok saya mahasiswa umur 18 tahun, saya ingin bertanya apakah saya homoseksual atau biseks? Karena saya memiliki orientasi seks berbeda, saya bisa tertarik terhadap sesama jenis akan tetapi saya juga tertarik dengan wanita. Saya sering menyukai wanita yang cantik dan bertubuh seksi, akan tetapi anehnya saya juga tertarik terhadap pria berumur lebih tua. Anehnya, saya tidak memiliki perasaan suka terhadap lelaki yang sebaya atau di bawah umur saya. Saya hanya bisa memiliki hasrat perasaan suka dan memikirkan hal seks kepada bapak-bapak yang memiliki kumis, wajah bapak-bapak yang kelihatan tampan dan manis. Perasaan suka terhadap pria yang lebih tua ini saya alami semenjak SD, itu hanya karena seketika saya melihat seorang bapak-bapak yg berwajah tampan pipis di dekat hutan, dan semenjak itu dari mulai menginjak SMP saya mulai memikirkan bapak-bapak yang pernah saya lihat sesampai menginjak kuliah sekarang. Tapi lama kelamaan saya ingin berubah hidup normal dan karena teman saya yang juga ternyata sama dengan kelainan seks dengan saya. Kenapa saya mengalami seperti ini, saya sering sedih memikirkan ini karena saya berbeda dengan teman-teman sebaya . Semua teman kerabat saya tidak mengetahui ini kecuali teman saya yang bernama "D" dia sama sperti saya. Jadi, mohon dok bagaimana saya bisa menghilangkan perasaan saya terhapadap bapak-bapak? Saya sering ingin berobat di psikolog atau seksologi cuma saya tidak ingin orang tua saya mengetahui kelainan seks saya ini.

(Reza, 18, Jakarta)



JAWAB :

Kalau benar Anda tertarik, apalagi terangsang kepada perempuan dan juga laki-laki, berarti Anda memiliki kecenderungan biseksual. Kecenderungan ini menjadi pasti kalau kemudian aktivitas seksual Anda dilakukan terhadap kedua jenis kelamin. Tidak puas rasanya kalau tidak dilakukan terhadap keduanya.

Ketertarikan kepada pria yang lebih tua, itu kurang lebih sama dengan perempuan yang lebih tertarik kepada pria yang lebih tua karena lebih matang. Dalam teori penyebab homoseksual dan biseksual, salah satu penyebab adalah gangguan perkembangan psikoseksual pada masa kecil. Saya tidak tahu apa pengalaman Anda pada masa kecil dulu dan bagaimana latar belakang keluarga ketika Anda masih kecil dulu. Selain itu ada teori lain yang menjelaskan terjadinya biseksual dan homoseksual.

Berdasarkan teori penyebabnya, tidak semua homoseksual dan biseksual dapat diubah menjadi heteroseksual. Kalau boleh saya sarankan, upayakan atau bahkan seharusnya Anda tidak sampai melakukan aktivitas homoseksual dan biseksual.

Masalahnya, kalau sampai Anda melakukan dalam bentuk aktivitas seksual, maka semakin sulit untuk keluar dari gangguan orientasi seksual itu. Saya sarankan Anda berkonsultasi lebih jauh untuk mengetahui lebih jelas apa kemungkinan penyebab masalah ini.

 


Editor : Asep Candra