Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pekerja Migran Filipina Makin Getol Kirim Duit

Kompas.com - 15/01/2013, 17:40 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com — Tenaga kerja di mancanegara alias pekerja migran Filipina mencatatkan pengiriman uang yang menanjak pada akhir November 2012. Bank Sentral Filipina mengatakan pada Selasa (15/1/2013), total remitansi pada bulan tersebut mengalami kenaikan 7,6 persen di posisi 1,9 miliar dollar AS.

Sementara itu, terhitung sejak Januari hingga November 2012, total remitansi ke Filipina dari para tenaga kerja tersebut menanjak 6 persen menjadi 19,4 miliar dollar AS.

Lebih lanjut, Bank Sentral Filipina mengatakan, sampai dengan akhir 2012 akan ada total kenaikan remitansi hingga 5 persen ketimbang 2011 silam. Ïni menunjukkan kalau pasar amat meminati tenaga kerja terampil dan profesional asal Filipina," kata pernyataan bank tersebut sebagaimana warta AP pada Selasa (15/1/2013).

Kemudian, catatan juga menunjukkan kalau remitansi paling banyak berasal dari AS. Menyusul di belakang AS adalah Kanada, Arab Saudi, Inggris, Jepang, Uni Emirat Arab (UEA), dan Singapura.

Administrasi Pekerja Migran Filipina memaparkan permintaan tenaga kerja Filipina dari mancanegara sampai akhir 2012 mencapai 782.201. Dari jumlah itu, berturut-turut Arab Saudi, UEA, Kuwait, Qatar, Taiwan, dan Hongkong menjadi peminat paling serius.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com