Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pameran Mobil Detroit Uji Perekonomian Amerika

Kompas.com - 14/01/2013, 12:40 WIB
Haryo Damardono

Penulis

 MICHIGAN, KOMPAS.com-Ditampilkanya mobil-mobil mewah pada Pameran Mobil Detroit, yang dibuka Senin (14/1/2013), akan menguji perekonomian Amerika.

Penjualan mobil selalu direfleksikan dengan perekonomian sebuah negara, maka Pameran Mobil Detroit juga akan melihat apakah ekonomi Amerika telah kembali bangkit atau belum.

Lebih dari 50 tipe mobil baru akan dipertontonkan pada hari Senin-Selasa ke hadapan 6.000 jurnalis dari seluruh dunia.  

"Industri otomotif telah menunjukkan pertumbuhan, dan mungkin akan lebih baik lagi pada tahun 2013 ini," ujar Dave Sergeant, analis JD Power, Senin (14/1/2013), sebagaimana  dikutip Kantor Berita AFP.

Tahun 2013 ini, angka penjualan mobil di Amerika diprediksi antara 15-16 juta unit. Sementara tahun 2012, penjualan mobil naik 13 persen dibanding tahun sebelumnya menjadi 14,5 juta unit  dan merupakan pertumbuhan penjualan mobil tertinggi di AS sejak tahun 1984.

Produsen mobil Detroit juga mencetak laba kembali setelah bertahun-tahun didera kerugian dan harus merestrukturisasi bisnisnya. Sementara produsen mobil Asia dan Eropa mensyukuri bangkitnya pasar Amerika, ditengah perlambatan ekonomi China dan Brasil, serta runtuhnya pasar Eropa.

New Corvette produksi General Motors, diprediksi akan menarik perhatian. Meski tetap harus berhadapan dengan mobil-mobil mewah dan sport dari Audi, BMW, Mercedes, juga Shelby. Penggemar mobil pickup dan double-cabin, akan dihadapkan dengan beberapa pilihan seperti Chevy Silverado.

Pembeli, tentu saja pengemudi, yang mencari kendaraan irit juga akan dihadapkan dengan begitu banyaknya pilihan. Mulai dari mobil hibrid, solar, hingga mobil listrik, yang diprediksi akan memenuhi standar pemerintah ke depan.

Meski demikian, mobil-mobil hijau tersebut hanya merebut 3 persen pasar mobil di Amerika. Produsen mobil berharap pembeli dari kalangan kaum muda bisa tertarik pada "mobil hijau" (green car) karena konsumsi bahan bakar minyak lebih irit.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com