Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tentara Suriah Kembali Rengkuh Aleppo

Kompas.com - 13/01/2013, 01:20 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Perlahan tapi pasti, pasukan Suriah menguasai kembali beberapa kawasan di Aleppo, sebuah provinsi penting di Utara Suriah. Dalam kecamuk perang, pasukan tersebut memukul balik kekuatan oposisi hingga ke pinggir kota tersebut.

Sehari sebelumnya, tulis AP pada Sabtu (12/1/2013), pasukan oposisi mengambil alih penguasaan di bandara militer Taftanas di Provinsi Idlib.

Di Aleppo, sementara itu, militer pemerintah menguasai kawasan Masjid Ummayad, Khan al-Wazir, dan kawasan dalam kota. Sumber pemerintah mengatakan kalau kelompok oposisi kini bertahan di Bandara Kshaish, di luar Aleppo. "Kami menewaskan banyak pemberontak dan menghancurkan artileri antiserangan udara mereka,"kata pihak militer Suriah.

Pertempuran antara kedua kubu juga terjadi Provinsi Homs. Pemerintah mengklaim menewaskan banyak anggota pasukan oposisi. Sementara, dari pihak pemerintah, cuma satu serdadu yang tewas dalam baku tembak.

Lalu, di Damaskus, pasukan Suriah masih melakukan serangan terhadap kelompok oposisi di kawasan Barat ibu kota Suriah tersebut. Lantaran perang itu, banyak warga sipil mencari tempat perlindungan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com