Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertumbuhan China 7,7 Persen

Kompas.com - 11/01/2013, 18:14 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Data teranyar Komisi Reformasi dan Pembangunan Nasional China (NDRC) menunjukkan kalau sampai akhir 2012, China mencatatkan pertumbuhan hingga 7,7 persen. Menurut warta Xinhua pada Jumat (11/1/2013), mengutip pernyataan Deputi Menteri NDRC Zhang Xiaoqiang, angka ini melampaui target pemerintah China yakni 7,5 persen.

Menurut lembaga itu, pemicu pencapaian melebih target itu adalah produksi pabrik, investasi, perdagangan. Sementara, Biro Statistik Nasional berencana merilis laporan kuartal keempat dan total penampilan produk domestik bruto (GDP) pada Jumat (18/1/2013).

Pertumbuhan GDP China sempat melambat menuju kuartal ketujuh. Pada kuartal ketiga angkanya cuma mencapai 7,4 persen.

Pada 2013, selanjutnya, pemerintah mematok ekspansi ekonomi di posisi 7,5 persen. Kala itu, pendapatan kelompok warga di kawasan pinggiran kota menanjak. Ïnflasi akan berada di posisi 3,5 persen,"imbuh Zhang.

Menurut pemaparan Zhang, pasar eksternal China tetap mengalami tekanan. Pasalnya, kelesuan global masih terus berlangsung selama 2013. "Kami memprediksikan pertumbuhan global berada di kisaran 3 persen,"tuturnya.

Pemerintah China, lanjut Zhang, akan memperluas reformasi dan transformasi ekonomi dengan pemerataan pendapatan dan penguatan sistem pajak serta pembiayaan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com