Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Abbas dan Meshaal Masih Beda Pendapat

Kompas.com - 11/01/2013, 03:19 WIB

Kairo, Kompas - Presiden Palestina Mahmoud Abbas dan Kepala Biro Politik Hamas Khaled Meshaal sepakat menghidupkan kembali proses rekonsiliasi yang terhenti selama ini. Namun, dua pemimpin faksi-faksi utama di Palestina tersebut masih berbeda pendapat dalam beberapa hal.

Pertemuan antara Abbas, yang berasal dari Fatah, dan Meshaal itu berlangsung di Kairo, Mesir, dari Rabu malam hingga Kamis (10/1) dini hari. Demikian dilaporkan wartawan Kompas Musthafa Abd Rahman dari Kairo.

Di antara kesepakatan mereka adalah menggerakkan kembali komite bersama yang dibentuk dalam kesepakatan sebelumnya di Kairo (2011) dan Doha (2012). Mereka secara prinsip juga sepakat mempercepat pelaksanaan butir-butir kesepakatan rekonsiliasi di Kairo tahun 2011 itu.

Akan tetapi, Abbas dan Meshaal masih berbeda pendapat soal isu prioritas yang harus dilaksanakan lebih dulu dari butir-butir kesepakatan rekonsiliasi itu.

Abbas meminta agar prioritas diberikan kepada komite pemilu, yang bertugas menyiapkan pelaksanaan pemilu legislatif dan presiden serta majelis nasional Palestina. Abbas juga meminta komite pemilu di Jalur Gaza, yang selama ini dikuasai Hamas, segera diaktifkan.

Selain itu, Abbas meminta pula pembentukan pemerintahan teknokrat independen yang bertugas menyiapkan pemilu tersebut.

Sementara itu Meshaal bersikeras agar semua butir dalam kesepakatan rekonsiliasi dilaksanakan dalam satu paket.

Pertemuan puncak dua pemimpin Palestina tersebut digelar setelah mereka diterima secara terpisah oleh Presiden Mesir Muhammad Mursi di Istana Presiden Al Ittihadiyah di Kairo, Rabu malam lalu.

Mursi dalam pertemuan dengan Abbas ataupun Meshaal membahas cara-cara menggerakkan kembali rekonsiliasi di Palestina.

Sebelum pertemuan dengan Mursi itu, digelar pertemuan segitiga antara Kepala Intelijen Mesir Rafaat Sahata, Presiden Abbas, dan Meshaal.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com