Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Aktivis Perempuan Kurdi Dibunuh di Perancis

Kompas.com - 10/01/2013, 22:04 WIB

PARIS, KOMPAS.com - Kepolisian Perancis mengatakan tiga perempuan Kurdi ditemukan tewas Kamis pagi (10/1/2013) di dekat Institut Kurdi, Paris.

Polisi menemukan tiga jenazah perempuan itu pada Kamis pukul 02.00 dini hari dan masing-masing terdapat luka tembak pada bagian kepala.

Ketiganya terlihat di pusat informasi Kurdi yang terletak berdempetan dengan Institut Kurdi Rabu sore.

Seorang anggota komunitas Kurdi berusaha menghubungi mereka tetapi pada sore hari ketika dia ke pusat informasi Kurdi itu, pintu-pintu gedung terkunci.

Menurut Ketua Asosiasi Kurdi, salah satu di antara mereka adalah Fidan Dogan (32) yang bekerja di Institut Kurdi.

Dua perempuan lainnya diketahui sebagai aktivis PKK, kelompok separatis Kurdi yang menentang pemerintah Turki. Salah satu di antara kedua perempuan itu disebut sebagai salah seorang pendiri PKK. 

Motif Belum Diketahui

Seperti dilaporkan oleh wartawan BBC di Paris Christian Fraser, kepolisian Perancis mengatakan penyelidikan baru mencapai tahap awal tetapi luka-luka yang ada menunjukkan ketiga perempuan dibunuh.

"Tempat kejadian perkara menunjukkan adanya eksekusi, tetapi penyelidikan akan menentukan kejadian sebenarnya," kata seorang sumber di kepolisian yang dikutip kantor berita AFP.

Menteri Dalam Negeri Prancis Manuel Valls menyebut pembunuhan perempuan itu sebagai tindakan yang "tidak bisa ditoleransi".

Motif pembunuhan sejauh ini belum diketahui.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com