Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pakistan Tahan 5 Tersangka Pembunuhan Sukarelawan Polio

Kompas.com - 09/01/2013, 22:49 WIB

ISLAMABAD, KOMPAS.com - Kepolisian Pakistan, Rabu (9/1/2013), menyatakan telah menahan lima anggota Taliban yang diduga terlibat pembunuhan sukarelawan polio dan merencanakan serangan ke bandara Karachi.

"Kami menangkap lima orang dari kota Ittehad di sebelah barat Karachi, hari ini. Mereka diduga terlibat pembunuhan empat dari lima sukarelawan polio di Karachi bulan lalu," kata seorang perwira polisi senior, Ghulam Shabbir Shaikh.

Sejumlah kelompok bersenjata di Pakistan bulan lalu membunuh sembilan orang pekerja kesehatan yang memberikan vaksinasi polio. Lima orang sukarelawan tewas dibunuh di Karachi. Serangan itu akhirnya membuat PBB menunda semua kegiatan pemberantasan polio di Pakistan.

"Mereka adalah anggota Tehreek-e-Taliban Pakistan (TTP). Mereka juga berencana menyerang bandara Karachi dan sasaran lain untuk menciptakan kepanikan dan kekacauan," tambah Ghulam.

Sejauh ini tak ada satu kelompok pun yang menyatakan bertanggung jawab atas penyerangan terhadap para sukarelawan polio. Namun, tahun lalu TTP melarang pemberian vaksin polio di Provinsi Waziristan, karena menganggap proyek itu adalah kegiatan mata-mata terselubung.

Karachi adalah kota terbesar di Pakistan dengan jumlah penduduk 18 juta orang. Pelabuhannya yang terletak di Laut Arab menjadi pintu bagi AS dan NATO untuk memasok kebutuhan perang di Afganistan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com