Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jepang Berencana Tambah Anggaran Militer

Kompas.com - 08/01/2013, 16:04 WIB

TOKYO, KOMPAS.com - Jepang akan meningkatkan anggaran belanja militernya untuk pertama kalinya dalam satu dekade terakhir. Partai Liberal Demokrat yang baru saja memimpin Jepang akan menambah anggaran militer hingga 1,15 miliar dollar AS.

Meskipun penambahan anggaran militer Jepang ini terbilang kecil, yaitu hanya dua persen dari total anggaran belanja militer, namun keputusan ini menunjukkan kekhawatiran Jepang atas semakin kuatnya China di Asia.

"Kami memutuskan bahwa penambahan anggaran militer akan digunakan untuk penambahan sistem radar baru, persediaan bahan bakar dan pemeliharan pesawat-pesawat tempur," kata seorang pejabat pemerintah yang tak ingin disebutkan namanya.

Kabar ini muncul di saat Kementerian Luar Negeri Jepang memanggil Duta Besar China di Tokyo untuk memprotes aksi kapal-kapal China di perairan Kepulauan Senkaku yang menjadi sengketa kedua negara.

Pemanggilan dubes China ini adalah yang pertama kali dalam pemerintahan PM Shinzo Abe, sekaligus menunjukkan sikap keras pemerintah Jepang kepada China.

Sebelumnya anggaran belanja militer untuk tahun fiskal 2012, yang akan berakhir Maret mendatang adalah sebesar 4,65 triliun yen. Anggaran militer terbesar adalah pada tahun fiskal 2002 yang mencapai 4,94 triliun yen.

Direktur Institut Hubungan Internasional Universitas Kyoto Sangyo, Kazuhiko Togo mengatakan rencana peningkatan anggaran militer Jepang adalah reaksi langsung dari sikap provokatif China, terutama terkait sengketa perebutan Kepulauan Senkaku.

"China secara terang-terangan mengatakan ingin merebut kepulauan itu bahkan dengan kekerasan jika perlu. Untuk mengindari kemungkinan bentrok bersenjata, Jepang tak memiliki pilihan lain selain meningkatkan anggaran militernya," uajr Kazuhiko.

"Namun di saat bersamaan, Jepang harus melakukan dialog untuk mencapai tujuan diplomatik. Upaya pencegahan dan dialog harus berjalan beriringan," tambah Kazuhiko.

Rencana Jepang menambah anggaran militernya itu disambut baik Washington, yang selalu mendorong agar Jepang memikul tanggung jawab lebih banyak terkait keamanan di kawasan sekitarnya.

Namun, rencana Jepang memperkuat militernya pasti akan mengundang kecurigaan negara-negara tetangganya, terutama China dan kedua Korea yang menjadi korban keganasan militer Jepang di masa Perang Dunia II.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com