Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lagi, KA Metro China Tuai Perkara

Kompas.com - 08/01/2013, 16:03 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Baru saja menjalani tes kali pertama, kereta api (KA) metro Kunming malah mengalami kecelakaan. KA yang tengah dirancang untuk pelayanan transportasi di ibu kota Provinsi Yunnan tersebut anjlok dari rel. Insiden itu, tulis Xinhua pada Selasa (8/1/2013) menewaskan seorang masinis dan melukai satu orang.

Sejatinya, KA komuter itu bakal melayani publik secara resmi pada Februari mendatang. Tes ini merupakan tes tanpa beban penumpang.

Alhasil, gara-gara kecelakaan itu, pemerintah setempat melakukan penyelidikan penyebab kecelakaan tersebut. KA metro Kunming adalah kereta komuter pertama untuk kota itu.

Sejatinya, kecelakaan itu adalah kali ketiga terkait sistem transportasi KA di seluruh China. Pada 31 Desember 2012, 5 pekerja tewas dan 18 lainnya terluka setelah sebuah panel baja ambruk di kawasan parkir yang tengah dibangun di jalur KA metro Shanghai.

Lalu, sehari setelah tahun baru 2013, dua pekerja terluka setelah terowongan KA metro di Nanning ambruk. Terowongan itu sendiri tengah dalam pekerjaan untuk jaringan KA metro di Nanning tersebut.

Gara-gara serentetan kecelakaan itu, masyarakat menaruh perhatian soal keselamatan transportasi. Pasalnya, pemerintah kota-kota di China terbilang terburu-buru membangun jaringan KA komuter sebagai bagian dari pemecahan masalah kemacetan yang makin parah di Negeri Tembok Raksasa itu.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com