Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Israel Bangun Pagar Pengaman di Perbatasan Suriah

Kompas.com - 07/01/2013, 07:29 WIB

Israel akan membangun pagar pengaman di kawasan Dataran Tinggi Golan yang berbatasan dengan Suriah. Dalam sidang kabinet, Minggu, (6/1), Perdana Menteri Benjamin Netanyahu mengatakan pagar pengaman diperlukan Israel karena tentara Suriah sudah mundur dan digantikan oleh ekstrimis Islam.

"Kami tahu di sisi lain perbatasan dengan Suriah, hari ini tentara Suriah sudah menarik diri dari perbatasan dan sebagai gantinya kekuatan global jihad yang masuk."

Dia sudah memerintahkan Kementrian Pertahanan untuk meneruskan pembangunan pagar pengaman di sepanjang perbatasan, khususnya yang berbatasan dengan Suriah.

"Kita berkewajiban untuk mempertahankan perbatasan dari infiltrasi dan teror," tambahnya.

Sejauh ini Israel menjaga jarak dengan konflik Suriah yang menurut PBB sudah menewaskan 60.000 jiwa sejak Maret 2011 lalu. Namun pemerintah Israel tampaknya mulai khawatir jika perang saudara di Suriah bisa menyebar ke wilayah mereka.

Sudah Dimulai

Rencana pembangunan pagar Israel ini diumumkan pada hari yang sama dengan pidato umum Presiden Bashar al-Assad di Damaskus.

Dalam pidato yang jarang dilakukannya itu, Presiden al-Assad mendesak semua warga Suriah untuk bergerak guna mempertahankan negara.

Dataran Tinggi Golan direbut Israel dari Suriah dalam perang tahun 1967.

Laporan-laporan menyebutkan pagar pengaman dengan Suriah sepanjang 10km sudah dibangun dari total rencana yang akan mencapai 70km. Sementara pagar pengaman sekitar 200km dengan perbatasan Mesir dan Jalur Gaza sudah hampir selesai.

Sebelumnya Israel membangun pagar di perbatasan dengan Tepi Barat yang menurut mereka diperlukan untuk mencegah serangan bom bunuh diri.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com