Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Undian Bernilai Lebih Rp 10 Miliar

Kompas.com - 06/01/2013, 22:21 WIB
Pieter P Gero

Penulis

MADRID, KOMPAS.com - Lotere atau undian dengan total nilai mencapai 840 juta euro atau lebih dari Rp 10 miliar, dijual di lima wilayah di Spanyol. Undian dengan nilai luar biasa besar ini antara lain untuk memberikan hiburan bagi masyarakat Spanyol, yang sedang dilanda resesi dan tingkat pengangguran yang tinggi.

Kantor berita AP, hari Minggu (6/1/2013) melaporkan, undian yang dikenal dengan "El Nino" (kanak-kanak) ini diluncurkan setiap Pesta Epiphany yang jatuh setiap 6 Januari setiap tahun. Pesta epiphany merupakan pesta berkenaan dengan kedatangan tiga sarjana dari timur ke kanak-kanak Yesus (Nabi Isa) yang lahir di Betlehem.

"El Nino" merupakan nama sesuai dengan kanak-kanak Yesus. Para sarjana dari Timur ini datang mempersembahkan emas, dupa, dan mur. Persembahan ini diharapkan juga akan menjadi penghibur bagi masyarakat Spanyol yang memenangkan hadiah undian ini.

Tiket utama dari undian ini akan menyediakan 200.000 euro atau sekitar Rop 2 miliar bagi setiap pemenang. Berkaitan dengan kebijakan penghematan yang diterapkan pemerintah Spanyol berkenaan dengan krisis, pemenang harus membayar pajak pendapatan 20 persen.

Undian paling menarik di Spanyol dikenal dengan "El Godro" (Si Gendut) yang ditarik setiap 22 Desember setiap tahun. Pada tahun lalu, undian ini menyediakan total hadiah 2,5 miliar euro atau sekitar Rp 30 miliar bagi sejumpah pemenangnya. Ini tentu sebuah hiburan bagi yang menang di tengah resesi ekonomi dan pengangguran.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com