Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasukan India Serang Pos Militer Pakistan di Kashmir

Kompas.com - 06/01/2013, 16:01 WIB

ISLAMABAD, KOMPAS.com - Pasukan India menyerang sebuah pos militer Pakistan di Kashmir, Minggu (6/1/2013), membunuh satu tentara dan mencederai satu lainnya, kata pihak militer Pakistan.

Insiden tersebut dinilai dapat membuat hubungan dua negara pengembang nuklir itu kembali menjadi tegang setelah sebelumnya sempat mereda.

Penjaga perbatasan Pakistan memukul mundur serangan di pos Sawan Patra, Kashmir, kata juru bicara militer dalam sebuah pernyataan.

Pasukan kedua negara kemudian saling menembak di garis perbatasan yang disepakati oleh dunia internasional sekitar pegunungan Kashmir, garis tersebut dikenal sebagai Line of Control dan dijaga oleh dua negara.

Kementerian Pertahanan India tidak dapat dimintai keterangan sampai berita ini diturunkan.

India dan Pakistan sebelumnya sudah berperang tiga kali sejak 1947, saat mereka itu merdeka dari Inggris. Dua negara itu mempunyai kesamaan dalam bahasa dan kebudayaan meskipun mayoritas penduduk Pakistan adalah Muslim sedangkan warga India kebanyakan beragama Hindu.

Kedua negara itu sama-sama mengklaim Kashmir sebagai wilayahnya.

Kashmir dan juga pelanggaran hak asasi manusia di wilayah itu oleh pasukan India, adalah persoalan politik yang besar di Pakistan. Pihak militer Pakistan telah sejak lama melatih kelompok-kelompok militan di sana untuk melawan pasukan India.

Perang terakhir kedua negara terjadi pada 1999, saat pasukan Pakistan melewati batas Line of Control dan menganeksasi wilayah di Kargil. Namun tidak lama setelah itu, mereka dipaksa untuk mundur.

Setelah periode saling diam, hubungan kedua negara kembali tegang pada 2008 saat sekelompok militan secara mengejutkan menyerang kota di India, Mumbai, dan membunuh 166 orang. India menuduh Pakistan berada di balik serangan itu. Tuduhan itu ditolak oleh Pakistan.

Kedua negara sebetulnya telah memperbaiki hubungan dalam beberapa bulan terakhir. Bulan lalu, India dan Pakistan menandatangani kesepakatan untuk mempermudah izin visa untuk warga yang hendak menyeberangi perbatasan.

Ketegangan antara dua negara, selain disebabkan oleh masalah Kashmir, juga dipicu oleh persoalan Afghanistan yang berbatasan dengan Pakistan.

India sering menawarkan bantuan militer dan ekonomi di Afganistan, namun Pakistan menuduh langkah tersebut bertujuan untuk memperlemah pengaruhnya di negara tempat terbunuhnya Osama bin Laden itu.

Amerika Serikat telah berulangkali mendesak Pakistan untuk memberantas pertumbuhan Al-Qaeda dan kelompok militan lain di perbatasan Afghanistan. Namun Pakistan mengatakan bahwa mereka tidak mempunyai pasukan yang cukup karena sebagian besar sudah ditempatkan untuk menjaga perbatasan di India.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com