Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perang Kartel Narkoba Tewaskan 26 Orang di Meksiko

Kompas.com - 06/01/2013, 09:42 WIB

MEXICO CITY, KOMPAS.com - Sedikitnya 26 orang tewas di Meksiko selama 24 jam terakhir dalam rentetan kejahatan terkait narkotika. Enam dari orang-orang itu memiliki tanda-tanda penyiksaan di tubuh mereka sebelum akhirnya ditembak mati, kata pihak berwenang Sabtu (5/1) waktu setempat.

Dari 26 orang itu, yang dilaporkan tewas sejak Jumat hingga Sabtu, 16 di antaranya terdapat di negara bagian Chihuahua, yang punya wilayah perbatasan panjang dengan Amerika Serikat. Enam lainnya tewas di negara bagian Sinaloa, yang merupakan wilayah kekuasaan salah satu kartel narkotika paling kejam di Meksiko.

Mayat enam orang yang diduga telah mengalami penyiksaan ditemukan di sebuah jurang di kota Balleza, Chihuahua, pada Jumat malam. Para penyidik mengatakan orang-orang itu disiksa dan kemudian ditembak mati. Tiga dari mereka punya hubungan dengan walikota Balleza.

Sementara di Sinaloa, enam orang ditemukan tewas dalam dua insiden terpisah.

Chihuahua dan Sinaloa merupakan dua negara bagian yang paling menderita dalam perang antara kartel narkotika di Meksiko. Setidaknya 70.000 orang telah tewas dalam kekerasan terkait narkotika sejak tahun 2006, ketika tentara dikerahkan untuk memerangi kartel narkotika, demikian menurut data pemerintah baru, yang mengambil alih kekuasaan Desember lalu. Presiden baru Meksiko, Enrique Pena Nieto, telah berjanji untuk menekan tingkat kejahatan di negara itu.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com