Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Minta Bawahannya Bekerja secara Mendetil

Kompas.com - 04/01/2013, 20:24 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo tak ingin kehilangan momentum awal tahun baru. Di tengah mandeknya pengesahan anggaran, ia enggan berpangku tangan dan terus memantapkan rencana-rencananya.

Seperti sore hari ini, mantan Wali Kota Solo ini mengumpulkan semua kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Ruang Pola, kompleks Balaikota Jakarta. Maksud dirinya mengumpulkan semua kepala SKPD bukan hanya untuk berkoordinasi mengenai semua program, tapi lebih runcing, Jokowi ingin memastikan semua bawahannya memiliki rencana kerja yang detil dan langsung menyentuh akar permasalahan.

"Saya beri arahan untuk 2013, masalah-masalah kecil secara detil mulai kita ubah," kata Jokowi seusai memberi pengarahan, Jumat (4/1/2013).

Dirinya menegaskan, di bawah kepemimpinannya semua harus bekerja secara mendetil, sesuai dengan prinsip kerja yang selalu dianutnya. Ia memberikan contoh dalam penertiban keberadaan terminal bayangan yang tak pernah tersentuh. Dari tahun ke tahun, menurutnya, terminal ilegal ini seperti terpelihara, bahkan terus menjamur. Mestinya diselesaikan secara cepat dan tuntas.

Masalah lain yang dianggapnya kecil dan seharusnya dapat diselesaikan dengan cepat adalah mengenai permukaan trotoar yang tidak rata. Bagi Jokowi, itu hanya masalah-masalah kecil yang entah mengapa tak pernah bisa dituntaskan selama bertahun-tahun. "Yang kecil-kecil, kalau kerja tuh harus detil, masalah terminal bayangan itu harus hilang. Saya terbiasa kerja detil, saya tekankan bahwa itu harus," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com