Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasangan Australia Lari Maraton 365 Kali dalam Setahun

Kompas.com - 01/01/2013, 19:38 WIB
L Sastra Wijaya

Penulis

MELBOURNE, KOMPAS.com - Sepasang suami istri asal negara bagian Victoria Australia berusia 60-tahunan telah memulai tahun baru dengan lari maraton setiap hari selama setahun.

Alan Murray (67) dan Janette Murray-Wakelin (63) akan bersama-sama berlari setiap hari keliling Australia. Mereka berencana melakukan maraton 365 kali dalam 365 hari selama tahun 2013 guna mengumpulkan dana bagi lembaga amal. Di hari pertama 2013, mereka memulai dari Melbourne, dan kemudian melakukan perjalanan berbalik jarum jam mengelilingi Australia.

Menurut laporan situs ABC, bila berhasil, maka di akhir tahun keduanya akan berlari sejauh 15.500 kilometer. Keduanya berharap apa yang  mereka lakukan bisa menjadi inspirasi bagi orang-orang lain untuk membuat pilihan sehat dalam hidup mereka.

Menurut laporan koresponden Kompas di Australia L. Sastra Wijaya, ketika berusia 52 tahun, Nyonya Murray-Wakelin didiagnosa menderita kanker payudara dan diduga akan meninggal dalam masa 6-12 bulan. Ketika itu dia memutuskan untuk tidak menjalani pengobatan konvensional dan kemudian hanya mengkonsumsi makanan mentah.

"Saya kira dengan usia kami,ini sesuatu yang bisa mengilhami orang lain untuk menyadari bahwa tidak pernah ada kata terlambat untuk membuat perubahan, dan berpikir lebih sadar mengenai apa yang kita lakukan, sehingga kita bisa lebih sehat, lebih muda setiap tahun, dan bukannya semakin tua." kata Murray-Wakelin.

"Bagi kami, kami berpikir mengenai makanan yang kami makan, sehingga kami sehat, dan juga gaya hidup kami gaya hidup sehat." tambahnya.

Sepanjang tahun lalu, keduanya sudah berlatih dengan berlari sekitar 7000 km. Alan dan Janette sudah menikah selama 43 tahun dan berasal dari Selandia Baru. Maraton ini bukanlah hal pertama yang mereka lakukan.

Di tahun 2000, guna merayakan ulang tahun ke-50 Janette, mereka berlari mengitari Selandia Baru, sejauh 2182 kilometer, dengan melakukan 50 maraton dalam 50 hari berturut-turut. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com