Kamis, 2 Oktober 2014

News / Internasional

Berita Foto: Pesta Tahun Baru di Berbagai Negara

Selasa, 1 Januari 2013 | 06:27 WIB

Terkait

KOMPAS.com - Seiring berputarnya poros Bumi, satu demi satu wilayah di berbagai belahan dunia memasuki tahun 2013. Perayaan malam pergantian tahun pun digelar dengan beraneka ragam cara.

Pesta kembang api salah satu ekspresi perayaan yang banyak dilakukan di berbagai negara. Berurut dari timur ke barat, Auckland di Selandia Baru merupakan kota besar pertama yang merayakan tahun baru paling awal. Pergantian tahun dihentak pertunjukan kembang api raksasa dari Auckland Sky Tower, menara setinggi 328 meter ikon kota tersebut.

Di Australia, pertunjukan kembang api spektakuler yang cantik berwarna-warni digelar di sekitar Gedung opera Sydney. Tujuh ton kembang api berbiaya 6,6 juta dollar Australia dihabiskan untuk itu.

Pesta berlanjut ke wilayah Asia mulai dari tarian kembang api di gedung Taipei 101 yang merupakan gedung tertinggi kedua di dunia. Kembang api warna-warni bergantian seperti memancar dan merayap dari lantai demi lantai bagian bangunan setinggi 509 meter itu yang konon dirancang dengan ira terinspirasi pertunjukan balet Firebird ciptaan Igor Stravinsky.

Hong Kong tak mau kalah dengan pesta kenbang api yang serentak dari bangunan-bangunan landmark yang menjadi ikon kota industri tersebut. Bahkan, pesta kembang api memasuki tahun 2013 merupakan pesta kembang api terbesar di Hong Kong sejak 6 tahun terakhir. Biasanya pesta besar saat tahun baru China atau hari besar lainnya.

Di China daratan, pergantian tahun diramaikan dengan pesta lampu sorot. Monumen Millenium bermandi cahaya, begitu pula Summer Palce yang menyajikan tarian lampu warna-warni menjelang detik-detik tahun 2013. Udara dingin yang membekukan danau di Summer Palace tak mengurangi kemeriahan.

Malaysia menggelar pesta tahun baru dekat Menara Kembar Petronas, Singapura di sekitar Marina Bay, sementara di Indonesia perayaan dipusatkan di Bundaran HI.

Tak ketinggalan, kemeriahan detik-detik memasuki tahun 2013 juga digelar di gedung tertinggi di dunia Burj Khalifa di Dubai. Pesta kembang api besar-besaran di gedung setinggi 828 meter dipadu dengan pertunjukan air terjun menari berhasil menarik minat para wisatawan.


Editor : Tri Wahono