Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lima Gajah Liar Tewas Tertabrak KA

Kompas.com - 30/12/2012, 17:38 WIB
Dahono Fitrianto

Penulis

BHUBANESHWAR, KOMPAS.com - Lima ekor gajah liar tewas seketika tertabrak kereta api penumpang di sebuah perlintasan di dalam hutan di India timur, Minggu (30/12/2012) dinihari. Insiden itu diduga disebabkan kecepatan KA yang terlalu tinggi saat melintasi hutan yang masih dihuni satwa-satwa liar itu.

Juru bicara jawatan KA India RN Mohapatra mengatakan, rangkaian KA tersebut menabrak serombongan gajah yang sedang berjalan-jalan dan menyeberangi lintasan rel KA di kawasan hutan Rambha, sekitar 180 kilometer sebelah selatan Bhubaneshwar, ibu kota Negara Bagian Orissa.

JD Sharma, pejabat di departemen perlindungan satwa liar India menuduh pihak jawatan KA mengabaikan peringatan untuk memperlambat laju KA saat memasuki kawasan hutan itu karena masih banyak gajah liar berkeliaran. Mohapatra berdalih, peringatan itu datang terlambat.

Puluhan gajah liar di India tewas dalam beberapa tahun terakhir akibat tertabrak KA di sejumlah kawan hutan taman nasional maupun cagar alam. Populasi gajah liar di India diperkirakan masih ada 26.000 ekor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com