Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bulgaria Ingin Jadi Surga Pajak Warga Kaya Perancis

Kompas.com - 28/12/2012, 16:20 WIB

SOFIA, KOMPAS.com - Eksodusnya sejumlah orang kaya Perancis akibat tingginya pajak penghasilan di Negeri Mode itu ternyata membuat Bulgaria tertarik untuk mendatangkan mereka ke negeri itu.

Bahkan, nama-nama terkenal seperti aktor kawakan Gerard Depardieu atau orang terkaya Perancis, Bernard Arnault, yang sudah hengkang ke Belgia, masih dibujuk untuk menjadi warga negara Bulgaria.

Bahkan sejumlah bujukan juga disampaikan misalnya menjanjikan "minuman keras murah, resor pantai hingga PSK berpengalaman'. Janji-janji manis itu disampaikan di dalam surat yang dikirimkan Pusat Kebijakan Demografi Bulgaria kepada Depardieu dan Arnault.

"Bulgaria adalah negeri yang sangat indah yang didiami bangsa yang cerdas, pekerja keras dan ramah," demikian isi surat yang ditandatangani Kepala Pusat Kebijakan Demografi Bulgaria, Iskren Veselinov.

"Udara negeri kami sangat bersih karena kami tak memiliki industri," lanjut Veselinov dalam suratnya itu.

"Para imigran elit memiliki keuntungan jika berimigrasi ke Bulgaria misalnya musik chalga, jalan tol, kereta bawah tanah hingga resor wisata pantai dengan minuman beralkohol nomor satu Tsar Rino," tambah Veselinov berpromosi.

Tanpa malu-malu, Veselinov bahkan menawarkan keunggulan hiburan seksual di negeri itu.

"Kami juga memiliki banyak pekerja seks berpengalaman, dan kami memiliki berbagai opsi pajak dalam sistem perpajakan kami."

Surat itu kemudian menuturkan bahwa sekitar dua juta warga Bulgaria akan beremigrasi ke luar negeri tahun depan. Sehingga populasi negeri itu kemungkinan hanya akan berjumlah lima juta orang pada 2050.

Salinan surat "undangan" ini juga dikirimkan kepada Presiden Bulgaria Rosen Plevneliev, Perdana Menteri Boyko Borisov dan Ketua Parlemen Tsetska Tsacheva.

Sejauh ini belum diperoleh tanggapan baik dari Depardieu atau Arnault terkait tawaran Bulgaria ini.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com