Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hou Yifan, Bocah Ajaib di Arena Catur

Kompas.com - 26/12/2012, 02:51 WIB

Prestasi Hou Yifan, pecatur putri kelahiran Shanghai, China, 18 tahun lalu, mencengangkan. Dia disebut-sebut sebagai bocah ajaib di arena catur dunia.

Di usia 12 tahun, Hou Yifan tercatat sebagai pecatur termuda yang mengikuti Kejuaraan Dunia Catur Putri (WWCC) 2006 dan Olimpiade Catur 2006. Empat tahun kemudian, Hou Yifan menyandang gelar juara dunia, yaitu pada 2010 dan 2011. Dia juga pecatur termuda yang meraih gelar Grand Master, yakni di usia 16 tahun.

Akhir pekan lalu, pemilik rating 2606 yang berada di peringkat ketiga dunia pecatur putri ini berkunjung ke Indonesia. Hou Yifan didaulat menjadi Duta FIDE (Federasi Catur Internasional) untuk menyebarluaskan olahraga ini ke seluruh dunia. Tiga negara menjadi tujuannya, yaitu Indonesia, Singapura dan Taiwan, sebelum kembali ke China.

Dalam kunjungan singkatnya ke Sekolah Catur Utut Adianto di Bekasi, Kompas mewawancarai Hou Yifan. Bersamanya, kami berbincang seputar catur, buku, dan target. Berikut petikan wawancaranya.

Anda disebut-sebut sebagai bocah ajaib di cabang olahraga ini. Dunia dan penggemar catur terkejut ketika Anda kalah dari Monica Socko pada babak kedua WWCC 2012 di Rusia saat status Anda adalah juara bertahan dan unggulan utama. Apa yang sebenarnya terjadi?

Sebenarnya saya tidak memiliki cukup waktu untuk mempersiapkan diri sebelum turnamen. Ada dua turnamen yang saya ikuti sebelum acara besar itu. Setelah itu saya kembali ke rumah di China dan hanya memiliki waktu satu pekan untuk beristirahat.

Di samping itu, saya juga tak mempersiapkan diri secara khusus untuk kejuaraan itu. Ditambah lagi, suhu udara yang berada di bawah titik beku membuat saya terkena flu. Babak awal dapat saya lewati dengan cukup baik. Namun, kondisi tubuh tidak memungkinkan bagi saya untuk bisa berpikir.

Meski saya sudah beberapa kali bermain di sana, kondisi tubuh tidak bisa menyesuaikan diri dengan kondisi kota itu.

Tahun depan, karena memenangi Grandprix Catur 2011, Anda akan pergi ke kejuaraan yang sama. Sudah terpikir untuk mempersiapkan diri lebih baik lagi?

Sampai saat ini saya belum memikirkan apa pun tentang pertandingan tahun depan. Yang pasti, saya ingin memperoleh hasil yang lebih baik lagi.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com