Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanpa Alkohol di Pesta Militer China

Kompas.com - 21/12/2012, 22:11 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Beleid anyar militer China melarang minuman beralkohol dan perjamuan makan mewah pada pesta pejabat tinggi militer. Peraturan itu resmi berlaku mulai Jumat (21/12/2012).

Tak cuma itu, pesta semacam itu juga bakal bebas dari spanduk ucapan selamat datang, karpet merah, hiasan bunga berlebihan, pertunjukan mewah, hingga sovenir dan parade militer. Peraturan itu termaktub dalam sepuluh regulasi baru yang dirilis Komite Sentral Militer China.

Di dalam peraturan itu, tulis Xinhua, ada pihak peninjau yang memantau persiapan pesta. Sementara, soal pertemuan, kunjungan, dan laporan juga diatur dalam peraturan tadi.

Anggota militer China juga tak boleh lagi hadir dalam peresmian pengguntingan pita, selebrasi, hingga seminar tanpa persetujuan komisi militer.

Demi pengetatan dan penghematan, Komite Sentral Partai Komunis China dan Komisi Sentral Militer China makin berperan dalam militer China dan keluarganya. Anggota keluarga militer misalnya, diwanti-wanti untuk tidak menerima suap dan selalu bersikap disiplin.   

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com