Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PBB Setujui Intervensi Militer di Mali

Kompas.com - 21/12/2012, 14:17 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com - Dewan Keamanan PBB, Kamis (20/12/2012), menyetujui pengiriman pasukan militer Afrika untuk membantu Mali merebut kembali wilayah utara negeri itu yang kini dikuasai kelompok pemberontak Islam.

Dalam resolusinya, Dewan Keamanan memberikan mandat awal selama satu tahun untuk menggunakan "semua langkah yang diperlukan" untuk membantu pemerintah Mali merebut kembali wilayahnya yang dikuasai pemberontak.

Namun, ke-15 anggota DK PBB mengatakan kekuatan militer hanya bisa digunakan setelah upaya politik menemui jalan buntu. Selain itu, semua gerakan militer atau serangan harus mendapat persetujuan sebelum dilaksanakan.

Negara-negara Afrika Barat mengatakan sudah mempersiapkan sekitar 3.300 personil militer untuk berangkat ke Mali untuk membantu negeri itu. Pengiriman pasukan itu diharapkan sudah bisa dilakukan sebelum September 2013.

Pemberontak Tuareg dan kelompok militan Islam yang terkait Al-Qaeda memanfaatkan kudeta pada Maret lalu untuk menguasai wilayah utara yang luas. Bahkan kelompok militan sudah memberlakukan Syariah Islam di wilayah yang dikuasainya saat ini.

Menteri Luar Negeri Mali Tieman Coulibaly menyambut baik keputusan DK PBB ini dan menyebutnya sebagai sebuah langkah bersejarah dalam perang melawan Al-Qaeda di Afrika Utara dan para sekutunya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com