Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saudi Perkenankan Perempuan Bekerja

Kompas.com - 15/12/2012, 17:37 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Pemerintah Arab Saudi membuka kesempatan lebih leluasa kepada kaum perempuan untuk bekerja. Kebijakan itu, boleh jadi, lantaran jumlah pengangguran di negeri kaya minyak itu makin menanjak.

Menurut warta Koran Al Sharq Al Awsat terbitan Sabtu (15/12/2012), saat ini di Arab Saudi ada lebih dari satu juta pengangguran sampai dengan Maret 2012. Dari jumlah itu, sesuai data Kementerian Tenaga Kerja, 80 persennya adalah perempuan.

Lalu, terkait kebijakan kementerian itu, langkah yang diambil adalah pemberian izin bagi agen ketenagakerjaan untuk lowongan pekerjaan bagi kaum perempuan. Hakikat dari langkah itu adalah memperkecil jumlah pengangguran lelaki dan perempuan.

Selain itu, kebijakan tersebut juga untuk mereduksi jurang perbedaan soal pekerjaan terkait masalah gender. Pemerintah Arab Saudi, tahun depan, juga memperkenankan perempuan bekerja di rumah.

Catatan kementerian itu menunjukkan saat ini ada 360 agen ketenagakerjaan yang memperoleh lisensi. Tapi, cuma satu agen yang mendapat otorisasi untuk mencarikan pekerjaan bagi perempuan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com