Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menjelang Referendum, Protes Landa Mesir

Kompas.com - 15/12/2012, 02:19 WIB

KAIRO, KOMPAS.com - Pendukung dan penentang Presiden Mesir, Mohamed Morsi, menggelar unjuk rasa terakhir sebelum referendum rancangan undang-undang dasar Sabtu (15/12) ini.

Para pemilih di Mesir akan memberikan suara untuk menentukan rancangan undang-undang dasar yang didukung oleh pihak-pihak berhaluan Islam.

Ribuan orang mengikuti demonstrasi pendukung Presiden Mesir yang diadakan di ibukota Mesir, Kairo, Jumat (14/12). Sebagian besar berasal dari Ikhwanul Muslimin.

Kelompok yang menentang rancangan undang-undang dasar juga mengadakan unjuk rasa tandingan. Mereka mengatakan rancangan konstitusi itu tidak disusun secara matang dan diajukan tanpa konsultasi memadai.

Kubu oposisi juga menyebut RUUD memecah belah dan kemungkinan sebagai upaya bagi kelompok-kelompok berhaluan Islam untuk memperkenalkan syariat Islam.

"Pemaksaan referendum dalam keadaan tegang, terpolarisasi, kacau balau dan tidak patuh hukum mengarahkan negara ke ambang kehancuran," kata pemimpin oposisi Mohamed el Baradei.

Bentrok

Selain di Kairo, demonstrasi juga terjadi di kota terbesar kedua, Iskandariah. Bentrokan terjadi antara pendukung dan penentang Presiden Morsi di luar Masjid Qaed Ibrahim setelah imam masjid menyerukan kepada warga untuk menconteng "Ya" di kertas referendum.

Mereka saling melemparkan batu dan botol, kata seorang saksi mata di tempat kejadian.

Seorang saksi mata lain mengatakan polisi antihuru-hara mengamankan lokasi di sekitar masjid dan berusaha memisahkan kedua kelompok.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com