Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS Kirim Rudal Patriot dan Militer ke Turki

Kompas.com - 14/12/2012, 14:35 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Menteri Pertahanan AS Leon Panetta menandatangani perintah untuk mengirim rudal Patriot dan 400 personil militer ke Turki untuk mempertahankan perbatasan Turki dari serangan roket Suriah, Jumat (14/12/2012).

Sebanyak enam baterai rudal Patriot akan dikirim ke Turki. Masing-masing dua dari AS, dua dari Jerman dan dua lainnya dari Belanda. Semua enam baterai ini akan berada di bawah kendali NATO dan dijadwalkan bisa beroperasi akhir Januari 2013.

Sistem pertahanan udara Patriot dirancang untuk mencegat pesawat tempur atau rudal. Turki meminta NATO mengerahkan rudah Patriot untuk menjaga perbatasan Turki dan Suriah sepanjang 900 km.

Turki khawatir keamanan wilayahnya yang berbatasan dengan Suriah akan terganggu akibat pertempuran antara militer Suriah menghadapi pemberontak yang banyak bersembunyi di wilayah Turki.

Dalam konflik politik yang sudah terjadi selama 21 bulan di Suriah, pertempuran di perbatasan Turki-Suriah belakangan semakin hebat. Apalagi Turki secara terang-terangan mendukung kelompok oposisi Suriah.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com