Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hamas Gelar Aksi Massa di Tepi Barat

Kompas.com - 14/12/2012, 08:42 WIB

RAMALLAH, KOMPAS.com - Ribuan orang bergabung dalam aksi massa pertama dan terbesar yang digelar Hamas di Tepi Barat sejak 2007, Kamis (13/12/2012).

Para pendemo di kota Nablus merayakan 25 tahun terciptanya kelompok militan yang menguasai Jalur Gaza ini.

Ini merupakan yang pertama dalam lima tahun setelah Otoritas Palestina, yang memerintah Tepi Barat, mengijinkan Hamas menggelar sebuah aksi massa.

Kebijakan ini dipandang sebagai tanda bahwa persekutuan diantara kedua belah pihak - Hamas dan Fatah - semakin membaik.

Sebelumnya perpecahan terjadi antara Fatah selaku penguasa Otoritas Palestina dengan Hamas yang memenangkan pemilu tahun 2006 dan berkuasa di Gaza setahun kemudian.

Tetapi sejumlah pengamat menilai ada indikasi bahwa tensi diantara faksi telah berkurang baru-baru ini, terutama setelah konflik delapan hari antara Hamas dan Israel bulan lalu. 

Fatah Turut Serta

Pekan lalu, para pemimpin Fatah menghadiri aksi massa yang digelar saat pemimpin politik Hamas Khaled Meshaal untuk pertama kalinya mengunjungi Gaza.

Dalam aksi massa itu, ribuan pendukung Hamas turun ke jalan-jalan kota Nablus dengan membawa spanduk bertuliskan ''Hamas, kalian adalah senjata dan kami adalah amunisinya,'' demikian laporan kantor berita AFP.

Pemimpin Fatah Amin Makboul memuji Hamas untuk ''keteguhan'' dalam pertempuran terakhir dengan Israel.

"Kemenangan di Gaza adalah kemenangan besar bagi semua rakyat Palestina,'' katanya dalam aksi di Nablus.

Sementara itu di Hebron, ribuan pendemo ikut dalam prosesi pemakaman seorang remaja yang tewas akibat ditembak penjaga perbatasan Israel.

Polisi mengatakan remaja lelaki itu menyerang penjaga dan mengancamnya dengan apa yang kemudian ketahui sebagai pistol tiruan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com