Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesawat China Dekati Pulau Sengketa, Jepang Siapkan Jet Tempur

Kompas.com - 13/12/2012, 14:25 WIB

TOKYO, KOMPAS.com - Jepang menyiagakan pesawat-pesawat tempurnya, setelah sebuah pesawat China memasuki ruang udara kepulauan Senkaku -atau China menyebutnya Diayou -yang disengketakan Tokyo dan Beijing, Kamis (13/12/2012).

Menteri Sekretaris Kabinet Jepang, Osamu Fujimura kepada wartawan mengatakan sejumlah pesawat jet tempur F-15 disiagakan setelah pesawat terbang China memasuki wilayah udara Pulau Senkaku pada pukul 11.00 waktu setempat.

Pada hari yang sama, empat kapal pengamat milik China juga keluar masuk wilayah pulau sengketa itu. Pasukan penjaga pantai Jepang kemudian memerintah kapal-kapal China itu untuk keluar dari perairan Jepang.

Insiden semacam ini kerap terjadi sejak Japan menasionalisasi kepulauan sengketa di Laut China Timur itu September lalu. Nasionalisasi itu sebenarnya tidak mengubah apapun karena hanya memindahkan kepemilikan pulau yang sudah masuk ke wilayah Jepang itu.

Langkah Jepang ini ditanggapi dengan kemarahan di China. Sejumlah kerusuhan anti-Jepang muncul di berbagai daerah di China yang secara diam-diam mendapat dukungan dari pemerintahan Partai Komunis.

Hari Kamis ini menandai 75 tahun peristiwa kelam Pembantaian Nanjing. Saat itu tentara Kekaisaran Jepang menyerbu Nanjing - yang saat itu adalah ibu kota China- dan melakukan serangkaian aksi kekerasan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com