Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Julian Assange Akan Bentuk Partai Wikileaks

Kompas.com - 13/12/2012, 09:06 WIB
L Sastra Wijaya

Penulis

SYDNEY, KOMPAS.com — Pendiri Wikileaks, Julian Assange, mengukuhkan bahwa dia akan mencalonkan diri untuk menjadi anggota senat dalam pemilihan umum Australia tahun depan. Ia pun mengumumkan pembentukan partai Wikileaks awal tahun depan.

Setelah hampir enam bulan berada di Kedutaan Ekuador di London, setelah meminta suaka politik, Assange mengatakan bahwa tidak akan ada perubahan apa pun dalam waktu dekat.

Meskipun dia memperkirakan bahwa Pemerintah Amerika Serikat akhirnya akan memutuskan menghentikan penyelidikan mengenai Wikileaks, Assange mengatakan hal itu mungkin masih beberapa tahun lagi.

Dalam wawancara dengan Fairfax Media, Rabu (12/12/2012), Assange mengatakan bahwa pengadilan terhadap seorang tentara Amerika, Bradley Manning, yang akan berlangsung bulan Maret akan mengungkapkan bagaimana pihak penuntut di AS merekayasa adanya konspirasi antara Manning dan Assange.

"Menghentikan penyelidikan oleh AS merupakan prioritas utama kami," kata Assange.

Mengenai pembentukan Partai Wikileaks, persiapan sudah memasuki tahap akhir. Assange mengatakan dia akan mencalonkan diri sebagai senator di Majelis Tinggi dan menambahkan sejumlah tokoh terkenal akan bersedia juga menjadi calon dari partai.

Assange mengatakan, dia akan memenuhi persyaratan sebagai calon luar negeri di Negara Bagian New South Wales atau Victoria dan dia dalam waktu dekat akan mengambil keputusan mengenai daerah pemilihannya.

Menurut laporan koresponden Kompas di Australia, L Sastra Wijaya, syarat pembentukan partai di Australia adalah adanya 500 anggota dari daftar mereka yang wajib memilih.

Assange mengatakan, kehadiran Wikileaks di internet, dengan 1,7 juta pengikut di Twitter dan 2,1 juta likes di Facebook, dan pembentukan kelompok "friends of Wikileaks" akan mampu menarik dukungan dari publik Australia.

Dia mengatakan, tujuan partai Wikileaks adalah mempromosikan keterbukaan dalam pemerintahan dan politik, serta memerangi meningkatnya rongrongan ke dalam kehidupan pribadi seseorang.

Bila terpilih, tetapi tidak bisa menduduki jabatannya, seorang pengganti akan menduduki kursi senat tersebut.

Menurut jajak pendapat yang dilakukan UMR Research, perusahaan yang juga digunakan partai berkuasa, Partai Buruh, untuk jajak internal, mengatakan bahwa bila Assange mencalonkan diri, dia sangat berpeluang untuk memenangkan kursi senat baik di NSW ataupun di Victoria.

Assange sudah berada di kedutaan Ekuador sejak bulan Juni lalu, dalam usahanya menghalangi ekstradisi ke Swedia, tempat dia menghadapi tuduhan melakukan pemerkosaan.

Assange khawatir bila dia pergi ke Swedia, pihak berwenang di negara itu akan mengizinkan dia diekstradisi ke Amerika Serikat, untuk ditanyai berkenaan dengan bocoran ribuan dokumen diplomatik AS oleh Wikileaks.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com