Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

F-15 Arab Saudi Jatuh Saat Latihan

Kompas.com - 03/12/2012, 17:53 WIB
Dahono Fitrianto

Penulis

RIYADH, KOMPAS.com - Satu pesawat tempur F-15 Eagle milik Angkatan Udara Arab Saudi, jatuh di Teluk Persia. Tim penyelamat hingga Senin (3/12/2012) masih terus mencari pilot pesawat yang ikut jatuh bersama pesawat itu.

Kementerian Pertahanan Arab Saudi menyatakan pada hari Senin, pesawat buatan Boeing, AS, itu jatuh saat latihan rutin di wilayah perairan negara tersebut, Minggu (2/12/2012) malam.

Pesawat tersebut membawa satu pilot, Letnan Fahad bin Falih al-Masarir. Pesawat tersebut tinggal landas dari pangkalan udara Raja Abdul Aziz di Provinsi Timur, Arab Saudi.

Selain masih mencari pilot, pihak berwenang negara kaya minyak itu juga masih menyelidiki penyebab jatuhnya pesawat.

Insiden serupa juga terjadi, Mei lalu, yang melibatkan tipe pesawat yang sama dan terjadi di wilayah yang sama.

Menurut buku The Military Balance 2012, Arab Saudi memiliki sedikitnya 153 unit pesawat F-15 berbagai varian. Tahun lalu, negara itu diumumkan akan membeli tambahan 84 unit F-15 dari AS. Selain F-15, AU Arab Saudi juga mengoperasikan jet tempur Typhoon dan Tornado.

AU Arab Saudi terakhir terlibat dalam perang, saat konflik dengan pemberontak Houthi dari Yaman pada 2009-2010. (AP/Reuters/DHF)

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com