Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Moskwa Dilanda Hujan Salju Terlebat Dalam 50 Tahun

Kompas.com - 29/11/2012, 19:52 WIB

MOSKWA, KOMPAS.com - Hujan salju terbesar selama 50 tahun terakhir terjadi di ibu kota Rusia, Moskwa yang mengakibatkan kekacauan lalu lintas, Kamis (29/11/2012).

Salju setebal 12 cm menutupi jalanan kota Moskwa dalam 24 jam terakhir. Jumlah salju yang turun dalam satu hari sama dengan sepertiga jumlah salju yang biasanya turun sepanjang bulan November.

Akibat salju yang menumpuk di jalanan, pemerintah harus mengerahkan buldozer untuk mengeruk salju dari jalanan dan Lapangan Merah.

Hujan salju juga menyebabkan sedikitnya 70 penerbangan dari Bandara Domodedovo terganggu namun layanan bandara kini sudah berangsur normal.

Rekor hujan salju ini menyusul laporan Organisasi Meteoroligi Dunia (WMO) yang menyebut Januari hingga Oktober tahun ini adalah masa paling hangat kesembilan sejak 1850.

WMO menambahkan pola cuaca yang ekstrim seperti badai salju, gelombang panas, kekeringan dan banjir merupakan bukti dari perubahan iklim.

"Perubahan iklim tengah terjadi di depan mata kita dan akan terus berlanjut," kata  Ketua WMO, Michel Jarraud.

Tahun ini gelombang panas juga melanda Rusia dan AS. Akibatnya tercatat 15.000 rekor suhu harian hanya sepanjang bulan Maret.

Sementara itu China sempat mengalami kekeringan dan banjir menghantam sebagian wilayah Afrika Barat. Rusia juga mengalami banjir cukup besar pada Juli lalu.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com