Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjelasan soal Kesehatan Raja Arab Saudi

Kompas.com - 27/11/2012, 08:16 WIB

RIYADH, KOMPAS.com — Putra mahkota kerajaan Arab Saudi, Pangeran Salman, meyakinkan semua anggota kabinet Saudi tentang kesehatan Raja Abdullah, setelah raja menjalani operasi punggung.

Raja Abdullah, yang diperkirakan berusia hampir 90 tahun, dibawa ke rumah sakit pada 16 November dan kerajaan mengatakan bahwa operasi terhadap raja selama 11 jam berjalan sukses.

Berbagai kalangan mengatakan, stabilitas di Saudi sangat penting bagi stabilitas keamanan global. Sekutu penting Amerika Serikat ini memiliki seperlima dari cadangan minyak dunia dan dikenal sebagai tempat kelahiran agama Islam. Setiap tahun jutaan umat Islam dari seluruh dunia menunaikan ibadah haji di negara ini.

Kantor berita resmi Saudi, SPA, memberitakan, putra mahkota ingin memberikan penegasan bahwa tidak ada yang perlu dikhawatirkan dari kesehatan Raja Abdullah. Tidak ada penjelasan tentang kapan Raja Abdullah dibolehkan meninggalkan rumah sakit.

SPA juga menyebutkan bahwa para anggota keluarga kerajaan telah mengunjungi raja di rumah sakit, tetapi sejauh ini belum ada foto raja yang diterbitkan.

Takhta kerajaan diberikan secara turun-temurun sejak pendiri Saudi, Raja Abdulaziz Ibn Saud, meninggal dunia pada 1953.

Abdullah, yang bertakhta di Saudi sejak 2005, mengangkat adiknya, Pangeran Salam yang 13 tahun lebih muda, sebagai putra mahkota setelah meninggalnya putra mahkota Nayef bin Abdulaziz.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com