Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pergelaran Tari Saman Sukseskan Diplomasi RI

Kompas.com - 21/11/2012, 23:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com--Pergelaran tari Saman di Abu Dhabi Theater, Uni Emirat Arab, sebagai bagian dari resepsi diplomatik yang dikemas dengan promosi budaya dan pariwisata Indonesia menarik perhatian para undangan.

Lebih banyak undangan yang hadir dibanding jika hanya mengadakan resepsi diplomatik sebagaimana dilakukan oleh kebanyakan Kedubes asing di Abu Dhabi, menurut siaran pers Kedutaan Besar Republik Indonesia di Abu Dhabi yang diterima ANTARA di Jakarta, Rabu.

Hentakan tari Saman yang dinamis berhasil memukau 500 penonton dalam acara Indonesian Cultural Night yang digeralr pukul 19.00-22.00 waktu setempat Senin (19/11).

Tidak hanya itu, permainan angklung interaktif, yang memainkan lagu barat populer "Can’t Help Falling in Love" juga menjadi primadona dan menambah kekaguman penonton atas keragaman budaya Indonesia.

Secara spontan beberapa undangan menyatakan bahwa Indonesia lebih representatif, unik dan kreatif dalam setiap penyelenggaraan resepsi diplomatik.

Selain seni budaya, resepsi diplomatik KBRI Abu Dhabi juga menampilkan kuliner khas Indonesia pada "cocktail reception", yang menghidangkan nasi goreng, sate dan soto ayam, yang diiringi permainan solo Sasando, yang menambah kehangatan malam.

Sementara di area lobby teater digelar berbagai barang kerajinan atau produk Indonesia seperti kain tenun, kain batik, wayang golek, congklak, berbagai hiasan dari berbagai propinsi di Indonesia.

Riuh tepuk penonton tak kunjung henti usai menyaksikan penampilan tari Saman yang dibawakan oleh kelompok kesenian Ikreasindo pimpinan Ika Widianingsih.

Dubes RI untuk UAE Salman Al Farisi mengatakan, Indonesian Cultural Night menandai peringatan HUT RI ke-67 sekaligus menjadi perayaan bersama rakyat kedua bangsa atas peringatan HUT UAE ke-41 yang akan jatuh pada 2 Desember 2012.

"Hubungan kedua negara telah terjalin dengan baik di segala bidang dan percaya bahwa kerja sama akan makin berkembang dan meningkat di masa mendatang," kata Salman.

Dukungan yang diberikan oleh Emirates Heritage Club yang memfasilitasi kegiatan ini selama tiga tahun terakhir menjadi refleksi dari semangat UAE yang mendorong keragaman budaya di negara Teluk.

Kepala Emirates Heritage Club Ahmad Al Hosani mengatakan, hubungan kedua negara terjalin sangat baik dan kerja sama keduanya selama ini makin mendekatkan hubungan kedua negara dan rakyat, serta makin memperkenalkan seni budaya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com