Senin, 22 Desember 2014

News / Internasional

Presiden SBY Desak Obama Hentikan Kekerasan di Palestina

Selasa, 20 November 2012 | 11:23 WIB

Terkait

PHNOM PENH, KOMPAS.com — Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mendesak Presiden AS Barack Obama untuk menghentikan kekerasan terhadap warga Palestina di Jalur Gaza.

Hal tersebut disampaikan Presiden saat pertemuan para pemimpin ASEAN dan Presiden Barack Obama di Kamboja, Senin (19/11/2012) malam kemarin.

"Dalam pertemuan itu, Indonesia mengangkat isu Gaza," kata Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa menjelang pertemuan Presiden SBY dengan Presiden Myanmar Thein Sein, Selasa pagi ini.

Desakan tersebut kemudian didukung delegasi Malaysia. Mereka mengatakan akan sulit bagi negara-negara Islam untuk menjaga sikap moderat warga muslim melihat serangan Israel ke Gaza.  

Marty mengatakan, Presiden SBY meminta Obama menghentikan lingkaran kekerasan dan menghentikan pengerahan kekuatan secara eksesif di Gaza.

Presiden SBY, lanjut Marty, juga mengingatkan Presiden Obama bahwa hal tersebut harus segera dilakukan jangan sampai terulang peristiwa kekerasan tahun 2008 dan 2009 yang menewaskan lebih dari 1.300 warga Palestina.

Menanggapi hal tersebut, Presiden Obama langsung merespons positif. Bahkan, Obama berjanji segera mendesak pihak-pihak yang bertikai untuk berdamai.

"Kami mendengar dengan baik dan malam ini (Senin), saya akan bekerja langsung untuk mendesak pihak-pihak yang bertikai segera mengakhiri pertikaian mereka," kata Obama seperti dituturkan Marty.


Penulis: Taufik H Mihardja
Editor : Tri Wahono