Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

600 Kobra Mati Gagal Diselundupkan

Kompas.com - 13/11/2012, 22:57 WIB
Pieter P Gero

Penulis

BANGKOK, KOMPAS.com - Pihak berwajib Thailand menyita sebuah mobil bak terbuka penuh dengan ular kobra yang mati. Ada sekitar 600 kobra mati ini ditemukan di pos pemeriksaan di kawasan tengah Thailand. Polisi yakin, ular-ular kobra ini didatangkan dari Malaysia dan sedianya akan diolah menjadi obat tradisional dan dikonsumsi manusia.

Kepala bea cukai Thailand Benja Louicharoen sebagaimana diikutip kantor berita AP, Selasa (13/11/2012) menuturkan, pihaknya menemukan sekitar 600 ular kobra yang telah mati dengan nilai sekitar 500.000 baht atau Rp 165 juta yang disimpan dalam kantong-kantong plastic di dalam bak mobil.

Petugas kemudian menahan sopir mobil tadi. Kendaraan ini dihentikan setelah dicurigai membawa barang illegal yang ternyata membawa sekitar 600 ekor ular kobra yang sudah mati. Kejadian ini sekitar 210 kilometer selatan Bangkok, ibukota Thailand.

Benja menegaskan, sopir mengaku dia sedang membawa ular kobra ini ke Thailand timurlaut di mana ular kobra ini akan diselundupkan melintasi perbatasan Thailand memasuki wilayah Laos. Ular kobra ini kemungkinan besar akan dijadikan obat tradiisonal atau pun dikonsumsi manusia di sana.

Thailand selama ini dikenal sebagai negara transit dari perdagangan ilegal di Asia Tenggara. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com