Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Timeline" Skandal Perselingkuhan Direktur CIA

Kompas.com - 13/11/2012, 14:41 WIB

Kasus perselingkuhan yang meruntuhkan karier David Petraeus pekan lalu menimbulkan banyak pertanyaan, di antaranya soal kapan tepatnya perselingkuhan dimulai, bagaimana FBI menemukan informasi tersebut, dan siapa yang diberi tahu tentang hal itu. Berikut adalah timeline peristiwa itu menurut para pejabat yang terlibat dalam penyelidikan kasus itu.

Musim semi 2006 - Paula Broadwell bertemu Petraeus di Harvard University. Broadwell menjadi mahasiswa pascasarjana di sana. Petraeus saat itu seorang letnan jenderal yang sedang mengerjakan sebuah manual tentang kontra pemberontakan dan diundang untuk memberikan pidato tentang pengalamannya di Irak.

Januari 2007 - Senat menyetujui Petraeus sebagai jenderal yang mengomandani pasukan AS di Irak.

2008 - Broadwell memulai sebuah studi kasus tentang kepemimpinan Petraeus. Pada sebuah kunjungan ke Washington, Petraeus mengajak Broadwell bergabung dengan dirinya dan timnya berlari di sepanjang Potomac River.

Oktober 2008 - Petraeus ditunjuk sebagai komandan Komando Sentral AS, yang berbasis di Pangkalan Angkatan Udara MacDill dekat Tampa, Florida, di mana Jill Kelley dan suaminya menghadiri acara sosial bersama elite militer lokal.

30 Juni 2010 - Senat menyetujui Petraeus sebagai komandan baru untuk perang di Afganistan. Ketika itu, Broadwell memperluas penelitiannya tentang Petraeus guna menjadi bahan bagi sebuah biografi resmi. Dia melakukan beberapa perjalanan ke Afganistan dan diberikan akses yang belum pernah terjadi sebelumnya ke Petraeus dan para komandannya.

6 September, 2011 - Petraeus dilantik sebagai Direktur CIA. Istrinya, Holly, berada di sisinya. Broadwell terus melakukan kontak dengan Petraeus dan kemudian diundang ke kantornya untuk sejumlah acara, termasuk pertemuan dengan aktris Angelina Jolie.

November 2011 - Petraeus memulai hubungan di luar nikah dengan Broadwell, menurut pensiunan Kolonel Angkatan Darat Steve Boylan yang merupakan teman Petraeus.

24 Januari 2012 - Biografi Broadwell berjudul All In: The Education of General David Petraeus diterbitkan.

30 Januari 2012 - Dalam sebuah wawancara dengan harian di kota kelahirannya, Tribune Bismarck, Broadwell menggambarkan Petraeus sebagai figur inspirasional yang selalu peduli dengan bawahannya.

Mei 2012 - Kelley, seorang sosialita di Tampa, mulai menerima e-mail ancaman. FBI pun segera menyelidikinya berdasarkan aduan Kelley.

Musim panas 2012 - Para agen FBI menentukan bahwa jejak e-mail itu mengarah ke Broadwell. Sejumlah e-mail itu datang di akun Gmail pribadi yang menggunakan nama alias yang dimiliki Petraeus. E-mail antara Petraeus dan Broadwell menuntun para agen untuk yakin bahwa keduanya berselingkuh. Direktur FBI Robert Mueller diberi tahu. Pada beberapa kesempatan selama penyelidikan itu, FBI mewawancarai Petraeus dan Broadwell.

Juli 2012 - Perselingkuhan antara Petraeus dan Broadwell berakhir. Demikian menurut teman Petraeus, Kolonel Boylan.

Akhir musim panas 2012 - Jaksa Agung Eric Holder diberi tahu. Pada saat ini, FBI telah lama menyimpulkan bahwa tidak ada pelanggaran keamanan nasional, tetapi terus menyelidiki apakah Petraeus punya peran dalam e-mail ancaman yang dikirim ke Kelley.

27 Oktober 2012 - Pemimpin mayoritas DPR Eric Cantor mendapat telepon dari seorang karyawan FBI yang memberi tahu dia tentang perselingkuhan itu.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com