Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Paus Benediktus XVI: "Indahnya Menjadi Tua"

Kompas.com - 12/11/2012, 22:52 WIB
Pieter P Gero

Penulis

ROMA, KOMPAS.com - Paus Benediktus XVI berbicara di depan sekelompok orang tua di Roma, Italia, menegaskan bahwa "indahnya menjadi tua" dan bahwa mereka yang berusia lanjut ini masih bisa memberikan kepada masyarakat sekalipun dengan keterbatasan yang ada.

Bernama asli Joseph Aloisius Ratzinger, Paus Benediktus kini berusia 85 tahun. Pemimpin umat katolik sejagat ini lahir pada 16 April 1927 di Bavaria, Jerman selatan. Paus Benediktus XVI termasuk salah paus yang terpilih pada usia relatif lanjut pada April 2005. Dia menjadi Paus yang ke-265 dalam hirarki tertinggi Gereja Katolik.

"Kita tahu kesulitan muncul dengan datangnya usia. Saya menggunakan tongkat sesekali mulai awal tahun ini, dan mulai melambat," ujar Paus. Namun kesehatannya tetap saja baik dan jadwal acaranya penuh.

Seperti pada hari Senin kemarin, sebagaimana dilaporkan kantor berita AP, Paus meninggalkan Vatikan berkunjung ke sebuah tempat permukiman di dekat Vatikan guna merayakan Hari Solidaritas Bagi Orang Tua yang acap dirayakan di Eropa.

Paus Benediktus XVI menyerukan para warga berusia tua untuk tidak melihat sedih pada masa muda mereka namun menikmati usia tua mereka sekarang ini.

"Kualitas masyarakat, maksud saya peradaban, bisa dilihat dari bagaimana mereka memperlakukan orang tua," ujar Paus. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com