Sabtu, 1 November 2014

News / Internasional

Pertahanan

Iran Kerahkan Banyak Mesin Perang

Senin, 12 November 2012 | 18:59 WIB

KOMPAS.com - Iran mengerahkan banyak mesin perang dalam latihan skala besar, kerja sama antara Angkatan Bersenjata dengan Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) Iran. Latihan itu, warta Press TV digelar sejak Senin (12/11/2012).

Menurut media itu, lokasi latihan berada di kawasan timur negeri tersebut. Pasukan gabungan itu memanfaatkan artileri pertahanan udara plus radar. Topik pertahanan dan manuver penyerangan juga menjadi garapan dalam latihan berusia seminggu ke depan tersebut.

Iran juga memaksimalisasikan pesawat-pesawat jet tempurnya seperti F-4, F-5, F-7, F-14, Mirage, dan Sukhoi. Iran juga memanfaatkan pesawat pengisi bahan bakar di udara sebagai bagian dari manuver.

Kemarin, Letnan Komandan Markas Pertahanan Udara Khatam al-Anbia Jenderal Shahrokh Shahram mengatakan ada kombinasi pasukan yang ikut serta dalam latihan itu. Rinciannya adalah divisi udara AD Iran, unit serbu udara Angkatan Udara (AU) dan Angkatan Laut (AL) Iran. "Latihan juga menyertakan pasukan sukarela (Basij) dan pasukan penjaga perbatasan," katanya.

Shahram dan Komandan Markas Pertahanan Udara Khatam al-Anbia Frazad Esmaili menambahkan dalam latihan itu, pesawat siluman Fars buatan Iran juga ikut ambil bagian. Sementara kode latihan adalah Pertahanan Penjaga Udara 4. "Luas lokasi latihan sekitar 850.000 kilometer persegi," kata Esmaili.


 

Penulis: Josephus Primus
Editor : Josephus Primus