Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi China Temukan Puluhan Ribu Anggur Palsu

Kompas.com - 09/11/2012, 18:25 WIB
Wisnu Dewabrata

Penulis

SHANGHAI, KOMPAS.com — Polisi China menemukan sedikitnya 10.000 botol minuman anggur bermerek terkenal dan mahal dunia, Chateau Lafite Rothschild, ditinggalkan begitu saja di sebuah rumah kota sebelah timur, Wenzhou, Shanghai.

Oleh kepolisian, anggur dalam puluhan ribu botol tersebut diyakini palsu. Sebotol asli anggur merek di pasaran resmi harganya bisa mencapai sekitar 1.600 dollar AS.

Merek anggur tersebut memang sedang sangat digemari di negeri yang perekonomian dan jumlah orang kaya barunya  tengah berkembang pesat itu. Setiap tahun, sedikitnya 50.000 botol anggur Chateau Lafite Rothschild diimpor.

Pihak kepolisian memperkirakan, masih ada sekitar seperlima dari total jumlah botol anggur palsu yang ditemukan tadi tersimpan di tempat lain. Saat dimintai keterangan, sang pemilik rumah, Zhou, mengaku terkejut rumahnya dipakai menyimpan anggur-anggur palsu tadi.

Zhou mengaku rumahnya itu sudah tidak ditinggali sejak sembilan tahun terakhir. Dia menolak disebut terlibat. Akan tetapi, polisi menemukan rumah itu dijaga ketat beberapa ekor anjing dan sistem keamanan yang baik.

Para pakar minuman anggur memperkirakan 70 persen dari anggur merek Chateau Lafite yang dijual di China palsu dan dipasarkan lewat pasar gelap.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com