Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal Selam Rusia Terdeteksi Dekati Wilayah AS

Kompas.com - 07/11/2012, 18:18 WIB
Dahono Fitrianto

Penulis

WASHINGTON DC, KOMPAS.com — Angkatan Laut AS (US Navy) menyatakan telah mendeteksi dan kemudian membuntuti sebuah kapal selam nuklir milik Angkatan Laut Rusia di dekat wilayah AS, bulan lalu. Tidak diketahui pasti tujuan kapal selam tersebut berada di dekat AS.

Menurut pejabat Departemen Pertahanan AS yang enggan disebut namanya, kapal selam kelas Sierra II itu terdeteksi berada di kawasan perairan internasional sekitar 275 mil (442,5 kilometer) sebelah timur Pantai Timur AS bagian selatan, dua pekan lalu. Kedatangan kapal selam nuklir Rusia itu bersamaan dengan pelaksanaan latihan rutin salah satu gugus tugas kapal induk AS di lepas pantai Florida.

Ini adalah untuk pertama kalinya sebuah kapal selam kelas Sierra II terdeteksi berada pada jarak sedekat itu dengan wilayah AS.

Setelah berhasil mendeteksi kapal selam itu, US Navy memerintahkan kapal-kapalnya untuk membuntuti kapal Rusia tersebut. Kapal yang diduga berasal dari Armad Utara AL Rusia itu kemudian diketahui bergerak menjauh dari AS.

Pada Selasa (6/11/2012), kapal selam tersebut terdeteksi bergerak ke arah benua Eropa, sekitar 600 mil sebelah timur garis pantai AS.

Pejabat tersebut menyatakan tidak tahu tujuan kapal selam Rusia itu mendekati wilayah AS. Meski demikian, ia menduga kapal itu sedang menjalankan patroli laut dalam dan menguji coba kemampuan perang antikapal selam. "Mereka melakukan apa yang biasa AS lakukan, yakni berpatroli dan berlatih," tutur pejabat tersebut.

Kegiatan patroli kapal selam Rusia di perairan internasional yang jauh itu mengingatkan pada kebiasaan Uni Soviet di era Perang Dingin.

Pejabat AS itu menambahkan, tidak terjadi insiden apa pun dengan kapal selam itu. Kapal tersebut juga dilaporkan tidak berusaha mendekati pangkalan utama kapal-kapal selam AS di Kings Bay, Georgia.

Menurut Global Security, kapal selam kelas Sierra II berukuran panjang 110,5-112,7 meter dengan lebar lambung 11,2-12,3 meter. Kapal selam bertenaga nuklir tersebut dianggap sebagai tandingan kapal-kapal selam kelas Los Angeles milik US Navy dan tidak membawa persenjataan nuklir. Hanya torpedo dan rudal jelajah antikapal yang dibawa kapal jenis tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com