Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Netanyahu: Di Era Saya, Iran Tak Bisa Kembangkan Senjata Nuklir

Kompas.com - 06/11/2012, 08:12 WIB
Simon Saragih

Penulis

JERUSALEM, KOMPAS.com — Perdana Menteri Israel Benyamin Netanyahu menyatakan, Iran tidak akan mengembangkan senjata nuklir jika dia terpilih lagi pada pemilu 22 Januari 2013 mendatang. "Selama saya menjabat sebagai perdana menteri, Iran tidak akan pernah memiliki senjata nuklir," katanya dalam tayangan di Saluran 2 televisi Israel, Senin (5/11/2012), sebagaimana diberitakan di situs The Jerusalem Post.

Dia menambahkan, selama empat tahun menjabat sebagai PM, semua upaya sudah dilakukan untuk mencegah Iran mengembangkan program nuklir.

Netanyahu mengatakan itu menjawab tantangan mantan PM Ehud Olmert, yang juga turut bertarung pada pemilu mendatang. Olmert menantang dengan mengatakan, jika Iran diserang, Israel memakai apa?

Menurut Olmert, serangan terhadap Iran tidak akan bisa dilakukan tanpa bantuan pihak lain. Olmert mengatakan hal itu saat menyerang Netanyahu yang dia katakan terlalu sepihak memandang permasalahan Iran dan mempunyai konsekuensi membahayakan Israel sendiri.

Olmert adalah tokoh elite Israel yang lebih kondusif dan lebih bersahabat terhadap komunitas internasional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com