Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Australia Demam Lotere 100 Juta Dollar

Kompas.com - 03/11/2012, 18:31 WIB
L Sastra Wijaya

Penulis

ADELAIDE, KOMPAS.com- Berbagai tempat penjualan lotere di Australia tampaknya bakal dipenuhi antrian sebelum hari Selasa (6/11/2012) malam, karena hadiah yang ditawarkan adalah 100 juta dolar (hampir 1 triliun  rupiah).

Jackpot OzLotto yang diputar seminggu sekali tersebut mencapai angka 100 juta, setelah hadiah 70 juta dolar minggu lalu tidak ada pemenangnya.

Menurut laporan koresponden Kompas di Australia, L. Sastra Wijaya, bila hari Selasa nanti ada pemenangnya, maka ini akan menjadi salah satu pemenang lotere terbesar di Australia.

Pemenang lotere terbesar sebelumnya adalah dua pemenang yang harus berbagi jackpot 106.5 juta dolar yang diputar bulan Juni 2009. Menurut perkiraan, sampai menjelang pemutaran nomor hari Selasa malam, sekitar 7.5 juta tiket lotere bakal terjual. Namun, peluang untuk mendapatkan hadiah 100 juta itu adalah satu berbanding 45 juta.

Dalam permainan Ozlotto ini, mesin akan memutar dan mengeluarkan 9 angka, 7 angka pertama disebut "angka untuk menang" dan 2 angka lagi sebagai angka tambahan. Pembeli harus memilih 7 nomor dari angka 1 sampai 45.

Pemenang jackpot adalah mereka yang bisa menebak dengan benar 7 angka pertama yang disebut angka untuk menang tersebut. Bila pembeli tidak menang jackpot, masih ada berbagai kombinasi angka lain dengan hadiah uang lebih kecil.

Bagaimana menebak angka lotere yang akan keluar? Menurut ahli matematika Prof Dann Mallett dari Queensland University of Technology, peluang semua angka untuk muncul sebenarnya sama, walau dalam kenyataan, para pembeli biasanya banyak berkonsentrasi ke angka antara 1 sampai 30.

Angka 1-30 ini karena biasanya berhubungan dengan tanggal kelahiran, perkawinan, dan semacamnya. Juga ada kecenderungan di kalangan pembeli untuk menebak angka secara berturut-turut.

"Jadi jarang sekali, orang membeli angka berurutan, karena mereka berpikiran angka itu tidak mungkin keluar, padahal sebenarnya peluangnya sama saja." kata Prof Dann Malllett seperti dilaporkan harian The Courier Mail, Sabtu (3/11/2012).

Namun, menurut statistik yang dikeluarkan oleh OzLotto, angka yang paling sering muncul sejak tahun 2005 adalah 25 dan 27, dengan angka 30 paling jarang.

Mungkin karena orang Australia tidak banyak yang percaya dengan mimpi dan hal-hal berbau tahyul, dalam memilih angka lotere, 60 persen menyerahkan kepada komputer di mesin penjual bernama QuickPicks untuk memilihkan nomor yang mereka beli.

Menurut Prof Mallet, satu-satunya cara untuk memperbesar peluang menang adalah membeli lebih banyak. Dan cara yang paling mudah adalah membentuk sindikat, bersama orang lain. Dengan begitu, peluang lebih besar dan ongkosnya lebih murah walau tentu kalau menang, hadiahnya juga akan dibagi.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com