Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pencari Suaka Kembali ke Negara Asal

Kompas.com - 02/11/2012, 23:39 WIB
Eny Prihtiyani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -Warga negara Irak dan Iran yang dikirim oleh Pemerintah Australia ke Pulau Nauru di Pasifik kembali ke negara asal mereka atas keinginan mereka sendiri. Empat warga Irak dan dua warga Iran, semuanya pria, memutuskan untuk tidak melanjutkan klaim suaka mereka atau pun terus menunggu di pusat pemrosesan kawasan di Nauru.

Mereka yang tiba di Australia dengan perahu dikirim ke Nauru dan Papua Nugini dibawah kebijakan pemrosesan kawasan baru yang keras dari Pemerintah Australia. "Keenam pria tersebut telah memutuskan untuk kembali ke negara asal atas keinginan mereka sendiri, ujar juru bicara Departemen Imigrasi dan Kewarganegaraan Australia dalam siaran pers Jumat (2/11/2012).  

Hingga saat ini, 82 orang telah kembali ke negara asal atas keinginan mereka sendiri. Ini termasuk 13 orang yang telah meninggalkan Nauru, 54 orang yang menjalani pemrosesan luar negeri namun memilih untuk kembali ke negara asal daripada dikirim ke Nauru dan 15 orang yang tidak menjalani pemrosesan di luar negeri namun kemudian memutuskan kembali ke negara asal daripada tetap di Australia menunggu pemrosesan.

 

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com