Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ucapan Romney Bikin Marah Italia

Kompas.com - 02/11/2012, 13:08 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com — Setelah membuat marah rakyat Inggris karena mencela penyelenggaraan Olimpade 2012 London, kini Mitt Romney menciptakan musuh baru, Italia.

Dalam sebuah acara kampanye di Roanoke, Virginia, Kamis (1/11/2012), Romney mengatakan, jika perekonomian Amerika berada di jalur yang seperti sekarangan ini, kondisinya akan buruk seperti yang terjadi di Italia.

"Jika Anda seorang wiraswastawan dan berniat memulai bisnis, Anda perlu bertanya pada diri sendiri: apakah Amerika berada di jalur yang sama dengan Yunani? Atau kita berjalan menuju krisis ekonomi seperti yang kita lihat di Eropa, di Italia dan Spanyol?"

Ucapan Romney itu langsung menyulut amarah para politisi Italia. Komentar-komentar mereka menjadi berita di halaman depan media-media negeri itu.

"Romney mengatakan tidak ingin berakhir seperti Italia? Well... AS sudah seperti Italia, atau bahkan lebih buruk, mengingat mereka sama buruknya dengan kita, misalnya soal defisit," kata politisi Gianfranco Polilo, seperti dikutip Huffington Post.

"Akan tetapi, mereka tidak memiliki hal-hal baik seperti kita, contohnya soal kualitas hidup," lanjutnya.

Menurut Valter Verini, petinggi partai sosial demokrat Italia, budaya politik Romneylah yang patut disalahkan jika perekonomian dunia jatuh. "Sulit dipercaya bahwa yang terburuk bisa memberi solusi untuk masa depan. Lebih baik bagi Romney untuk memikirkan konsekuensi liberalisme tanpa aturan. Setiap orang bisa memberi pelajaran, kecuali dia," papar Verini.

Sementara itu, politisi dari partai kanan tengah, Osvaldo Napoli, menuduh calon presiden dari Partai Republik itu tidak memiliki pengalaman cukup untuk memerintah.

"Romney tidak memiliki pengetahuan yang memadai tentang situasi di Eropa. Perbandingan apa pun antara situasi di Amerika dengan di tempat kita merupakan kesalahan mendasar bagi seseorang yang tidak pernah memerintah sebelumnya," ujar Napoli.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com