Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Petugas Temukan Air Zam-zam di 240 koper

Kompas.com - 02/11/2012, 07:28 WIB
Agus Mulyadi

Penulis

JEDDAH, KOMPAS.com - Petugas menemukan ratusan air zam-zam dalam berbagai kemasan yang dimasukkan di 240 koper jemaah dalam kelompok terbang (kloter) SUB-01, ketika akan kembali ke Surabaya dengan menggunakan pesawat Saudia SV5306.

Kepala Seksi Paspam Daerah Kerja Jeddah, Aminuddin, di Jeddah, Jumat (2/11/2012), mengatakan, air zam-zam itu dideteksi di kargo sebelum dikirim ke Bandara King Abdul Azis, Jeddah.

Sejumlah 240 koper dari 445 koper itu lalu dibongkar di Madinatulhujaj, dan ditemukan air zam-zam dalam beragam kemasan, baik dalam jerigen maupun dalam botol kemasan dalam beragam ukuran.

Jerigen dan botol kemasan ada yang dibungkus kertas timah, kantong plastik lalu dilakban, ada juga yang dibungkus kain ihram, sajadah, dan handuk. Sebagian di antaranya sudah pecah dan susut isinya.

Maskapai penerbangan dan peraturan internasional melarang membawa cairan dalam koper dalam jumlah tertentu, untuk keamanan penerbangan.

Air zam-zam tersebut lalu ditumpuk di Kantor Daker Jeddah di Madinatulhujaj, sedangkan kopernya belum diketahui kapan akan diterbangkan ke Surabaya.

Penemuan air zam-zam tersebut sudah dilaporkan ke Kantor Teknis Urusan Haji untuk diproses lebih lanjut.

Aminuddin mengatakan, petugas sudah berulang kali mengingatkan, juga menyampaikan imbauan kepada jemaah agar jangan memasukkan air zam-zam dalam koper.

"Kami menduga jemaah sudah tahu bahwa membawa zam-zam dalam koper terlarang, tetapi mereka mungkin berspekulasi," kata Aminuddin. Petugas menemukan beberapa koper yang dua pertiga isinya air zam-zam.

Dia mengimbau sekali lagi, agar jamaah tidak memasukkan zam-zam dalam koper karena mengganggu jadwal penerbangan dan merugikan sesama jamaah lainnya.

"Untuk membuka 240 koper dibutuhkan waktu 3,5 jam yakni dari pukul 16:00 hingga 19:30 waktu Arab Saudi," kata Aminuddin.

Sesungguhnya, setiap jemaah mendapat jatah air zam-zam 10 liter, jika menggunakan pesawat Saudia, sedangkan dengan Garuda lima liter.

Kelompok terbang SUB-01 sudah take off pada Rabu (31/10) pukul 22:59 waktu Saudi dan sudah tiba di Surabaya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com