Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Orang Kulit Putih Digaji Enam Kali Lebih Tinggi

Kompas.com - 31/10/2012, 14:35 WIB

JOHANNESBURG, KOMPAS.com — Warga kulit putih Afrika Selatan masih menerima gaji enam kali lebih besar dari rekan-rekan kulit hitam mereka, 18 tahun setelah berakhirnya praktik politik apartheid dan meskipun pendapatan rumah tangga kulit hitam telah melonjak 169 persen dalam dekade terakhir, demikian hasil sensus terbaru negara itu.

Sensus itu, yang pertama dalam 10 tahun, menunjukkan bahwa meskipun kelas menengah kulit hitam tumbuh pesat yang didorong oleh undang-undang ketenagakerjaan yang dirancang untuk memperbaiki ketidakseimbangan sejarah, tetap masih ada kesenjangan yang lebar antara pendidikan dan tingkat pendapatan secara keseluruhan di antara ras-ras yang berbeda di Afrika Selatan.

Meski demikian, presiden negara itu, Jacob Zuma, memuji hasil sensus itu sebagai "kisah kebanggaan nasional kami". Ia merujuk ke pengurangan hampir separuh jumlah mereka yang hidup tanpa layanan dasar, seperti air, sanitasi, dan listrik, sejak tahun 2001.

Namun, dia mengakui, masih banyak hal yang perlu dilakukan. "Angka-angka ini memberitahu kita bahwa di bagian bawah anak tangga adalah mayoritas warga kulit hitam yang terus berhadapan dengan kemiskinan yang mendalam, pengangguran, dan ketimpangan, meskipun ada kemajuan yang telah kita buat sejak tahun 1994," kata Zuma.

Menurut hasil sensus itu, orang kulit hitam kini mencapai hampir delapan dari setiap 10 orang dari total 51,8 juta penduduk negara itu. Kurang dari satu dalam setiap 10 orang adalah orang kulit putih. Hanya 35 persen dari orang kulit hitam berusia di bawah 20 tahun lulus ujian akhir mereka di SMU. Semantara untuk warga kulit putih angkanya mencapai 76 persen. Di antara orang kulit hitam berusia 15 sampai 64 tahun, 35 persen bekerja. Di kalangan warga kulit putih, angkanya mencapai 69 persen untuk kategori usia yang sama.

Secara keseluruhan, pendapatan rumah tangga naik lebih dari dua kali lipat dalam 10 tahun terakhir. Angka rata-rata kini berada di 103.204 rand Afsel (11.500 dollar AS), naik dari 48.385 rand Afsel pada tahun 2001. Namun, rumah tangga kulit putih dalam setahun mendapat penghasilan rata-rata sekitar enam kali lebih tinggi dibanding rumah tangga kulit hitam, yaitu 365.134 rand Afsel, meskipun dalam faktanya rumah tangga kulit hitam rata-rata dihuni lebih banyak orang, dan meskipun kenaikan rata-rata gaji orang kulit hitam mencapai 169 persen.

Dalam sebuah survei tahun 2006 tentang pendapatan, rumah tangga kulit putih diketahui mendapatkan penghasilan 7,5 kali lipat dari rumah tangga kulit hitam. Para analis memperkirakan bahwa dengan tingkat pengembangan yang sama, butuh waktu hingga tahun 2.061 bagi keluarga kulit hitam dan kulit putih untuk mendapat bayaran (gaji) yang sama.

Frans Cronje, dari South African Institute of Race Relations, mengatakan, kesenjangan pendapatan dan tingkat pendidikan di kalangan warga termiskin negara itu merupakan masalah besar. "Kami sekarang punya kelas menengah kulit hitam yang berjumlah sama dengan kelas menengah kulit putih kami. Jadi, elite berpendidikan berjalan sangat baik, tetapi mayoritas orang miskin yang tidak berpendidikan akan tertinggal," katanya. "Mempersempit kesenjangan pendapatan hanya akan terjadi jika kami melihat peningkatan yang cukup mendasar dalam kualitas pendidikan masyarakat dan itu tuntutan yang besar."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com