Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jemaah Haji Bosnia Jalan Kaki ke Mekkah

Kompas.com - 23/10/2012, 00:04 WIB
Agus Mulyadi

Penulis

KAIRO, KOMPAS.com — Jemaah haji asal Bosnia berjalan kaki menempuh jarak 6.000 kilometer hingga mencapai kota suci Mekkah, Arab Saudi, untuk menunaikan rukun Islam kelima itu.

Pria Bosnia bernama Stad Hadzish yang berusia 47 tahun telah tiba di Mekkah dengan jalan kaki dari negaranya. Demikian diberitakan kantor berita Arab Saudi, SPA, Senin (22/10/2012).

Disebutkan, calon haji (calhaj) tersebut dalam kondisi sehat walafiat, setelah menempuh sekitar 6.000 kilometer dari desa asalnya di wilayah Bosnia utara.

"Saya mulai meninggalkan rumah di kampung halaman saya sejak Juni silam, dengan niat yang teguh untuk menunaikan ibadah haji," kata Stad Hadzish.

Alasan naik haji lewat jalan kaki itu dilakukannya karena tidak mampu mengumpulkan biaya. "Saya melakukan ini karena nekat saja. Sejak dulu saya berniat beribadah haji, tapi tidak mampu biaya bila perjalanan normal seperti jemaah haji yang biasanya naik pesawat," katanya.

Selama dalam perjalanan, Stad mengaku hanya membekali dirinya dengan uang tunai sebesar 200 euro.

Hingga mencapai Arab Saudi, Stad menempuh jalan berliku melewati enam negara. Stad telah bergabung dengan sekitar dua juta jemaah haji dari berbagai pelosok dunia untuk menapak tilas perjalanan suci Nabi Ibrahim tersebut.

Sumber: Antara

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com