Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wapres Berangkat Besok

Kompas.com - 20/10/2012, 05:48 WIB

Jakarta, Kompas - Sebanyak 97 persen jemaah haji Indonesia telah tiba di Mekkah, Arab Saudi, Jumat (19/10). Tanggal 20 Oktober 2012 merupakan hari terakhir kedatangan jemaah haji di Arab Saudi. Sehari kemudian, 21 Oktober 2012, Bandara King Abdul Aziz, Jeddah, akan ditutup.

Namun, rombongan Wakil Presiden Boediono yang akan menunaikan ibadah haji atas undangan Raja Arab Saudi diizinkan masuk pada tanggal 21 Oktober 2012. Boediono dan rombongan akan berangkat, Minggu, dengan pesawat Boeing 737-400 TNI AU. Wapres dan rombongan kembali ke Tanah Air pada 30 Oktober. Demikian dilaporkan wartawan Kompas Fandri Yuniarti semalam.

Amirulhaj Menteri Agama Suryadharma Ali, Jumat, mengatakan, penyelenggaraan ibadah haji tahun ini secara umum lebih baik dibandingkan dengan tahun lalu. Baik dalam ketepatan waktu penerbangan, yang semakin kurang keluhannya, maupun pelayanan terhadap jemaah haji yang semakin baik.

Namun, ia mencatat adanya beberapa hal yang perlu mendapatkan perhatian, seperti masalah jemaah nonkelompok terbang (nonkloter) dan ada tindakan kriminal terhadap jemaah haji Indonesia, yakni kejahatan di pemondokan serta penjambretan, penipuan, dan perampasan di jalan.

Dalam kesempatan itu, Suryadharma Ali mengajak jemaah haji Indonesia mengarahkan perhatian ke Armina (Arafah-Muzdalifah-Mina) yang merupakan puncak ibadah haji. ”Semoga seluruh proses berlangsung dengan baik,” ujarnya tentang proses wukuf di Arafah, mabit di Muzdalifah, dan lempar jumrah di Mina, yang akan dimulai Kamis, 25 Oktober 2012.

Hingga Jumat pagi, jemaah haji yang meninggal di Tanah Suci sejak awal musim haji tahun ini, 22 September 2012, berjumlah 72 orang, umumnya berusia lanjut. Sebanyak 18 orang meninggal di Madinah, satu orang di Jeddah, dan 53 orang di Mekkah. Pada hari Kamis, ada enam anggota jemaah haji yang meninggal.

Kamis sore, Safar Masdu Ulang, jemaah haji Indonesia yang tergabung dalam Kelompok Terbang 12 Embarkasi Lombok, tewas dalam kecelakaan lalu lintas di Jalan Qubri Malik Abdul Aziz, Mekkah, Arab Saudi.

(ANTARA)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com