Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hadiah Mesin Cuci untuk Peraih Nobel Kedokteran Asal Jepang

Kompas.com - 19/10/2012, 22:12 WIB
Pieter P Gero

Penulis

TOKYO, KOMPAS.com -- Shinya Yamanaka dari Jepang memenangkan hadiah Nobel Kedokteran 2012 bersama periset Inggris John Gurdon. Keduanya akan berbagi hadiah uang senilai 1,2 juta dollar AS atau sekitar Rp 11,4 miliar saat menerima penghargaan bergengsi tadi di Oslo, Norwegia awal Desember 2012.

Namun bagi Yamanaka, ada hadiah lain yang diterimanya pada Jumat (19/10/2012), yakni sebuah mesin cuci. Sembari bercanda, Yamanaka mengatakan harus segera memperbaiki mesin cucinya yang rusak saat dia mendengar meraih hadiah Nobel Kedokteran 2012.

Yamanaka dan Gurdon mendapat hadiah Nobel Kedokteran 2012 karena sukses dalam riset sel puncah. Ketika itu, kata Yamanaka, selama ini tidak sempat memperbaiki mesin cucinya karena waktu banyak tersita untuk pekerjannya sebagai periset.

Pada hari Jumat, Menteri Sains Jepang Makiko Tanaka menegaskan, mereka menyerahkan kepada Yamanaka sebuah sertifikat yang berisikan tandatangan dari 16 rekannya. Dalam sertifikat ini disebutkan, 16 rekannya ini memberikan masing-masing 10.000 yen atau sekitar Rp 1,2 juta bagi Yamanaka dan keluargannya.

Kini terserah Yamanaka dan keluarga untuk memilih sendiri mesin cuci baru. Tak perlu lagi memperbaiki mesin cuci yang rusak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com