Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bom Pinggir Jalan Tewaskan 18 Tamu Pesta Pernikahan

Kompas.com - 19/10/2012, 17:47 WIB

KABUL, KOMPAS.com — Sebuah bom pinggir jalan berkekuatan besar menghancurkan sebuah minibus yang membawa rombongan warga yang akan menghadiri sebuah pesta perkawinan di dekat ibu kota Provinsi Balkh, Mazar-i-Sharif, Afganistan, Jumat (19/10/2012).

Tragedi ini menewaskan 15 orang dan melukai 18 orang lainnya. Sebagian besar korban tewas adalah perempuan dan anak-anak.

"Semua korban tewas adalah warga sipil, sebagian besar perempuan dan anak-anak," kata juru bicara kepolisian Balkh, Shir Jan Durrani, kepada AFP.

Sejauh ini belum ada satu kelompok pun yang mengaku bertanggung jawab atas aksi brutal itu. Namun, gaya serangan seperti itu biasa digunakan kelompok Taliban yang terus berupaya menggulingkan pemerintahan Presiden Hamid Karzai yang didukung Barat.

Pesta pernikahan Afganistan memang rawan serangan seperti ini. Sebab, sebuah pesta pernikahan di negeri itu bisa dihadiri ratusan tamu undangan dari berbagai penjuru negeri itu.

Menurut data PBB, sebanyak 1.145 warga sipil tewas dalam enam bulan pertama tahun ini. Sebagian korban tewas disebabkan ledakan bom pinggir jalan seperti ini.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com